-->

16 Februari Memperingati Hari Apa Di Indonesia Tahun 2023

16 Februari Memperingati Hari Apa Di Indonesia Tahun 2023
16 Februari Memperingati Hari Apa Di Indonesia Tahun 2023

16 Februari Memperingati Hari Apa - Setiap tanggal pasti ada pristiwa penting yang terjadi, pada berita kali ini jangan lewatkan tanggal ini karena Anda akan diingatkan. Kenangan ini tentu saja ada di Indonesia.

Perayaan ini diadakan atau dilaksanakan di sebuah kabupaten atau wilayah di Republik Indonesia. Perayaan ini dirayakan setiap tahun oleh para penduduk dan juga memiliki perayaan tahunannya sendiri.

Dan pada kesempatan kali ini, skda.co.id tidak lupa memberikan fakta sejarah lainnya. Jika ini menarik minat Anda, jangan tunda lagi dan mari kita diskusikan tanggal ini bersama-sama!".

16 Februari Memperingati Hari Jadi Provinsi Gorontalo

16 Februari Memperingati Hari Jadi Provinsi Gorontalo


Gorontalo adalah sebuah provinsi di Indonesia, bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ternyata provinsi ini memiliki festival tersendiri untuk anak laki-laki loh.

Dirayakan setiap tahun pada tanggal 16 Februari. Acara ini disebut dengan Gorontalo Jubilee. 16 Februari adalah hari ulang tahun provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan inilah Tursandi Alwi dilantik sebagai Gubernur. Beliau menjadi Gubernur pertama pada tanggal 16 Februari 2001.

Meskipun tanggalnya kini telah diubah menjadi 5 Desember. Hal ini merupakan hasil dari perdebatan yang sangat panjang dan rapat pleno pada tanggal 19 Agustus 2015.

Namun, fakta sejarah lain yang menarik tentang provinsi ini adalah sayap Maleo. Ke-16 sayap tersebut menandai lahirnya provinsi Gorontalo pada tanggal 16 Februari 2000.

Sampai saat ini. Para orang tua yang sudah lama tinggal di Gorontalo masih ingat bahwa hari jadi provinsi ini dirayakan pada tanggal 16 Februari.

Artinya, sama seperti Anda, meskipun faktanya pada tahun 2015 hal ini telah diubah oleh undang-undang. Setidaknya sekarang Anda sudah tahu lebih banyak tentang hari apa yang diperingati pada tanggal 16 Februari.

16 Februari Memperingati Hari Protokol Kyoto

16 Februari Memperingati Hari Protokol Kyoto

Merayakannya pada tanggal 16 Februari Apa itu Hari Protokol Kyoto, hari libur yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 16 Februari? Peringatan tahunan ini tidak hanya untuk bersenang-senang, tetapi memiliki tujuan tertentu.

Dengan peringatan ini, pemerintah-pemerintah di dunia menegaskan kembali komitmen mereka. Tujuannya adalah untuk mengurangi polusi industri.

Tujuan keseluruhan hari ini adalah untuk membuat kemajuan yang stabil. Berkontribusi pada penciptaan lingkungan yang berkelanjutan dan sehat bagi semua penghuni planet kita.

Kisah Protokol Kyoto, sebuah perjanjian internasional untuk mengurangi polusi. Hal ini juga membahas gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Protokol Kyoto diadopsi oleh lebih dari 190 negara, termasuk Uni Eropa. Namun, Amerika Serikat dan Kanada, yang pada awalnya menjadi pihak dalam Protokol ini, telah memutuskan untuk menarik diri dari Protokol ini.

Sebelum Protokol Kyoto atau perjanjian lingkungan hidup lainnya dapat diimplementasikan. UNFCCC (Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim). Didirikan pada tahun 1992, Protokol Kyoto diadopsi pada tahun 1997.

Anda juga dapat berpartisipasi dalam peringatan tahunan ini. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan selama peringatan tersebut. Salah satunya adalah menanam pohon atau menjaga lingkungan.

Sekarang Anda sudah tahu lebih banyak tentang apa yang bisa Anda lakukan pada tanggal 16 Februari. Anda dapat memilih ulang tahun mana yang ingin Anda rayakan setiap tahun.

16 Februari Memperingati Hari Bersejarah Apa ? Berikut Penjelasannya!

16 Februari Memperingati Hari Bersejarah Apa

[Selain peringatan tahunan yang sudah disebutkan pada tanggal 16 Februari, apa saja yang diperingati pada tanggal tersebut? Anda juga harus mengetahui peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari ini. Tentu saja, ini tidak kalah menariknya jika Anda mengetahui hal-hal berikut ini.

Peristiwa 16 Februari, Dibongkarnya Makam Firaun

Tepatnya 16 Februari 1923 merupakan peristiwa penting dalam dunia arkeologi. Arkeolog Inggris Howard Carter menemukan makam Tutankhamun. Ia berhasil memasuki ruang penguasa Mesir yang masih tersegel. Ini adalah puncak dari pencarian Carter akan makam Firaun Tut, yang telah dikejarnya sejak tiba di negeri piramida 32 tahun sebelumnya.

Lord Carnarvon mempekerjakan Carter pada tahun 1907 untuk mengawasi penggalian baru. Carter, yang diperkenalkan oleh Gosten Maspero, ingin menerapkan metode arkeologi modern dan sistem pencatatan pada penggalian yang didanai oleh Lord Carnarvon.


Lord Carnarvon telah mendanai penggalian Carter di Lembah Para Raja sejak tahun 1914. Karena Perang Dunia I, pekerjaan tersebut ditangguhkan hingga 1917. Setelah lima tahun gagal, ia ingin mengakhiri penyelidikan pada awal 1922. Untungnya, Carter meyakinkannya untuk melanjutkan penggalian selama satu tahun lagi. Hal ini terbukti merupakan keputusan yang tepat, karena sebuah terobosan dibuat pada November 1922.

Tim Carter menemukan sebuah tangga yang mengarah ke pintu Tutankhamun di reruntuhan dekat pintu masuk ke makam lain. Makam tersebut masih utuh pada saat ditemukan, dan harta karun di dalamnya telah terawetkan secara utuh selama 3.000 tahun.

Peristiwa 16 Februari Lahirnya Valentino Rossi

Peristiwa 16 Februari Lahirnya Valentino Rossi

Pecinta Moto GP pasti tidak asing dengan sosok satu ini, Valentino Rossi, salah satu pembalap tersukses sepanjang masa, lahir pada tanggal 16 Februari 1979. Rossi terlahir untuk menjadi pembalap dan tumbuh di lingkungan yang sangat mendukung - ayahnya, Graziano Rossi, juga seorang pembalap terkenal di tahun 1970-an.

Rossi memiliki karier yang mengesankan di kejuaraan balap motor dunia, memenangkan gelar di empat kelas, serta tujuh gelar juara dunia di kelas 500cc/MotoGP dan masing-masing dua gelar di kelas 250cc dan 125cc.

Ia juga merupakan pembalap pertama dalam sejarah 500cc/MotoGP yang memenangkan lebih banyak balapan daripada pembalap lain - 86 kemenangan - dan kedua dalam daftar sepanjang masa dengan 112 kemenangan. Rossi sering dianggap sebagai salah satu legenda motorsport awal abad ke-21, bersama Jimmy Johnson (NASCAR), Michael Schumacher (F1), dan S├ębastien Loeb (WRC).

Valentino Rossi sendiri Lahir Tanggal 16 Februari 1979

Peristiwa 16 Februari 2019 Revolusi Senyum

2019-2020 Protes di Aljazair, yang dikenal sebagai "Revolusi Tersenyum", dimulai pada 16 Februari 2019. Ini terjadi sekitar 10 hari setelah Bouteflika mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri lagi.

Dalam sebuah pernyataan yang ditandatangani, ia juga mengatakan bahwa ia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima sebagai presiden. Demonstrasi berlangsung damai dan militer menuntut pengunduran diri Bouteflika.

Peristiwa 16 Februari 1999 Pemberontakan Suku Kurdi

Pemberontak Kurdi adalah sebuah kelompok etnis di Timur Tengah. Mereka tinggal terutama di daerah yang dikenal sebagai Kurdistan Raya.

Mereka telah mengambil alih kedutaan besar Turki di seluruh Eropa dan kemudian menyandera semua stafnya. Setelah penangkapan pemimpin mereka, Abdullah Ocalan.

Peristiwa 16 Februari 1999 Sejarah Bom Diuzbekistan

Kisah ledakan ini juga terjadi pada tanggal 16 Februari 1999. Sebuah bom meledak di pusat pemerintahan di dekatnya dan terdengar suara tembakan.

Aksi terorisme ini merupakan upaya untuk membunuh Presiden Islam Karimov.

Peristiwa 16 Februari 1983 Kebakaran Semak

Kebakaran hutan di Victoria dan Australia Selatan pada hari Rabu Abu. Kebakaran vegetasi terburuk di Australia menewaskan 71 orang. Kebakaran ini dimulai pada tanggal 16 Februari 1983.

Peristiwa 16 Februari 1968 Sejarah 911

Anda harus terbiasa dengan panggilan darurat. Jika Indonesia memiliki nomor darurat 112 atau 110, Amerika Serikat memiliki sejarah dan sistem nomor darurat 911.

Sistem darurat 911 pertama kali digunakan pada tanggal 16 Februari 1968, dan area pertama yang menggunakannya adalah Haleyville, Alabama (AS).

Peristiwa 16 Februari 1962 Banjir Jerman Barat

Dampak dan konsekuensi dari bencana alam seperti banjir tidak dapat diremehkan. Hal ini karena banjir dapat menghancurkan suatu daerah dan, jika meluas, dapat merenggut nyawa.

Sebagai contoh, banjir yang terjadi pada tanggal 16 Februari 1962 di pantai Jerman Barat. Sekitar 315 orang akan kehilangan nyawa mereka. Sekitar 60.000 rumah hancur.

Peristiwa 16 Februari 1960 Sejarah Kapal Selam

Kapal selam AS, USS Sky Dragon, meluncurkan Operasi Badai Pasir. Kapal selam ini meninggalkan New London pada tanggal 16 Februari 1960. Kunjungi dunia di bawah permukaan.

Peristiwa 16 Februari 1940 Sejarah Perang Dunia II

Insiden Accomac adalah pertempuran laut antara Inggris dan Nazi Jerman pada 16 Februari 1940 selama Perang Dunia II. Pertempuran itu terjadi di perairan Norwegia.

Para pelaut Inggris dari kapal perusak HMS Cossack menaiki kapal tanker Jerman, Altmark. Selama insiden tersebut, setidaknya 299 tahanan Inggris dibebaskan.

Peristiwa 16 Februari 1934 Sejarah Berakhir Perang Saudara Austria

Sejarah peringatan 16 Februari Sungguh hari yang berbeda, 16 Februari 1934 menandai kekalahan Partai Sosial Demokrat Austria dan sayap militernya. Hal ini menyebabkan berakhirnya Perang Saudara Austria.

Tanggal-Tanggal Penting Lainya Yang Baik Untuk Diketahui

Kesimpulan & Penutup

Demikian rangkuman Pristiwa bersejarah yang terjadi di tanggal 16 Februari, sekiranya masih ada hari bersejarah lainya yang belum sempat dicantumkan sekiranya dapat diinfokan ke kami ya, mungkin saja kamu adalah salah seorang yang memilik kejadian penting di tanggal tersebut. semoga memcerahkan ya. Terimakasih, jangan lupa baca juga artikel menarik lainya.
LihatTutupKomentar