Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Buat Link Whatsapp Dengan Teks dan Emoji Untuk Bisnis

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang saat ini menjadi aplikasi utama bagi para pengguna, dari yang muda hingga yang tua, hampir semua orang menggunakan aplikasi WhatsApp ini. Kini ada fitur baru yang bisa Anda gunakan yaitu membuat link yang berhubungan langsung dengan WA, bagaimana cara membuat link di Whatsapp? Lihat artikel kami.

Saat ini Whatsapp sangat terhubung dengan dunia bisnis, tidak hanya untuk berbagi pesan. Khususnya bagi para pebisnis, WA sudah seperti senjata utama untuk berinteraksi dengan pelanggan, jadi jika bisnis Anda memiliki akun Instagram atau situs web, Anda mungkin sangat membutuhkan link Whatsapp.

Link WA
Cara Membuat Link WA Untuk Bisnis

Tautan WhatsApp sebenarnya adalah tautan yang mengarahkan orang untuk terhubung langsung ke WA Anda dan berkomunikasi langsung dengan Anda tanpa terlebih dahulu memasukkan atau menyimpan nomor WA Anda.

Misalnya, pada situs web yang menjual atau mendistribusikan pakaian dan ada tautan di bagian 'Layanan Pelanggan' atau 'Hubungi Kami', mengklik tautan tersebut akan membawa Anda langsung ke aplikasi WA dan memungkinkan Anda untuk mengirim pesan langsung ke departemen layanan pelanggan situs web.

Anda tidak perlu repot-repot menyalin dan menyimpan nomor telepon WA yang ada untuk mengirim pesan sejak awal, karena tautan ini melakukannya secara otomatis.

Jika Anda adalah pemilik bisnis dan ingin menghubungi calon pelanggan secara langsung, tautan ini bisa sangat berguna. Selain itu, tidak ada biaya yang dikeluarkan dalam proses pembuatannya, yang berarti gratis, jadi tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Saat ini ada banyak situs web atau jejaring sosial yang memiliki tautan ini dan Anda mungkin pernah menggunakan salah satu tautan ini untuk menghubungi pemilik atau tim layanan pelanggan situs web atau jejaring sosial yang Anda targetkan.

Menggunakan tautan ini akan membuat situs web bisnis atau akun media sosial Anda terlihat lebih profesional bagi pelanggan Anda dan bahkan dapat memberi Anda kesempatan untuk merekrut pelanggan potensial untuk bisnis Anda.


Cara membuat tautan Whatsapp untuk bisnis gratis

Dalam bisnis jual beli online atau apapun yang membutuhan WA, tautan ini akan membantu penjual dan pembeli berinteraksi satu sama lain. Keuntungan bagi penjual adalah Anda dapat lebih meyakinkan pelanggan dengan deskripsi produk secara langsung.

Dan pelanggan akan merasa puas karena dapat bertanya langsung mengenai produk atau jasa yang akan mereka beli atau gunakan. Oleh karena itu, untuk saat ini, wajib menyertakan tautan WhatsApp di akun media sosial atau situs web perusahaan.

Membuat tautan WhatsApp sebenarnya sangat sederhana dan gratis, tetapi metode atau langkah-langkah yang harus diikuti bervariasi tergantung pada platform yang Anda tautkan. Untuk itu, silakan lihat langkah-langkah di bawah ini.

1. Cara Buat Link Whatsapp dengan wa.me

Salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat tautan WA adalah wa.me. Platform ini telah banyak digunakan oleh para pebisnis di seluruh dunia untuk membuat tautan WhatsApp dari bisnis yang mereka jalankan.

Cara membuat link WA dengan situs ini juga sangat mudah bahkan jika Anda orang awam sekalipun, Anda pasti akan langsung terbiasa dengan situs ini, mengapa demikian karena situs ini memiliki desain yang sangat minimalis.

Langkah-langkah untuk membuat tautan WA juga tergolong sangat sederhana dan mudah dimengerti. Apa saja langkah-langkah yang harus diikuti? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

  1. Pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat link WhatsApp adalah memastikan jika “Nomor Telepon” yang akan kamu gunakan aktif WA.
  2. Pastikan juga kamu tau “Kode Negara” tampat bisnis kamu berjalan, misalkan kita di Indonesia maka kode negara nya adalah “62”.
  3. Format yang harus kamu pakai adalah “https://wa.me/Nomor WA”. Sebgai contoh kami akan memasukan nomor 0811727***.
  4. Maka format yang bisa kamu gunakan adalah “https://wa.me/620811727***”.
  5. Nah format tersebut sudah menjadi “Link WhatsApp” dari wa yang akan kamu gunakan.

Jika kamu masih kebingungan mengapa menggunakan kode 62, itu karena wilayah Indonesia memiliki kode negara 62 dan kode ini juga bisa di gunakan sebagai pengganti dari angka 0 di dalam sebuah nomor ponselmu.


2. Cara Buat Link Whatsapp Beserta Tulisan

Ketika menggunakan cara sebelumnya untuk membuat link WA maka kamu juga bisa menyematkan tulisan sebagai pesan yang akan di baca oleh pelanggan atau orang yang mau menghubungi kamu lewat link WA tersebut.

Nantinya pesan yang kamu buat akan muncul dengan otomatis dan akan bisa di baca oleh pelanggan. Format link yang bisa kamu gunakan adalah “https://wa.me/Nomor WA?text=Pesan yang Ingin Kamu Sampaikan”.

Jika pesan yang ingin kamu tampilkan terdiri dari beberapa kata maka di setiap kata kamu bisa sisipkan kode “%20” yang merupakan kode dari Spasi. Jika kamu memasukan spasi secara manual maka pesan kamu akan tampil dengan format yang berantakan.

Contoh jika kamu mau membuat link WhatsApp dan menyisipkan pesan “Apa yang Bisa Dibantu?” maka format yang harus kamu gunakan adalah “Https://wa.me/NomorTelepon?text=Apa%20yang%20Bisa%20Dibantu?”.


3. Menggunakan Situs wa.link

Jika kamu tidak mau bersusah payah dan mau membuat link dengan cara yang lebih mudah maka kamu bisa menggunakan situs wa.link yang akan membantu kamu membuat link WA dengan otomatis. Simak langkah demi langkah nya di bawah ini.

  • Pertama kamu bisa membuka situs “wa.link” menggunakan Browser apapun.
  • Di salam form kamu bisa pilih “Kode Negara Indonesia” yaitu 62.
  • Masukan “Nomor WhatsApp” yang mau kamu gunakan. Pastikan nomor tersebut masih aktif.
  • Nah di bagian “Costumer Message” kamu bisa menambahkan “Pesan dan Emoji” yang akan di baca oleh pelanggan kamu.
  • Selanjutnya kamu bisa cek link yang kamu buat dengan klik tombol “Preview“.
  • Jika kamu rasa link yang kamu buat sudah “Sesuai” maka kamu bisa klik “generate my wa.link”.
  • Tunggu proses beberapa detik sampai selesai dan secara otomatis “Link WhatsApp” yang kamu ingin kan sudah selesai.
  • Berikutnya kamu bisa “Copy” link itu dan bagikan di manapun kamu mau.

Kesimpulan

Setelah kamu mengetahui bahwa konsumen atau calon konsumen kamu bisa langsung menghubungi kamu lewat WA langsung dengan hanya menekan tautan atau link, sekarang saatnya kamu menerapkanya ke dalam bisnismu. 

Dara cara-cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membuat Link WhatApp. Sangat mudah di lakukan dan juga gratis tanpa biaya sedikitpun, apalagi link yang berhasil kamu buat tidak akan pernah kadaluarsa.