Ticker

6/recent/ticker-posts

Fakta Menarik Latto-Latto, Ternyata Baik Buat Perkembangan

Latto-latto - Ada fakta-fakta menarik tentang latto-latto yang sempat viral di media sosial ini. Apakah Anda tahu permainan latto-latto?

Seperti yang semua orang tahu, latto-latto adalah mainan viral yang sedang menjadi tren di mana-mana.

Latto-latto adalah mainan yang memiliki dua bandul yang memiliki ukuran dan berat yang sama, dengan sebuah cincin di atasnya sebagai penyeimbang saat permainan dimainkan.

Ketika latto-latto dimainkan, kedua bandul tersebut saling menyilang dan bertabrakan satu sama lain, sehingga menimbulkan pantulan dan suara "clack-clack".


Latto-Latto Jokowi
Latto-latto Jokowi dan Riwdan Kamil

Permainan latto-latto ini merupakan salah satu permainan tradisional yang sudah ada sejak dulu, dan saat ini digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Awal mula permainan ini diviralkan oleh akun tiktok @awal.adrians, akun ini memposting seorang anak kecil yang diketahui bernama Arnold.

Anak ini merupakan anak laki-laki yang tinggal di salah satu lorong kecil di kota Makassar, akun @awal.adrians mengatakan bahwa anak kecil ini sering dipanggil dengan sebutan Lord Arnold karena ketangguhan dan durasi yang cukup lama dalam memainkan permainan latto-latto ini dengan berbagai macam gerakan.

Fakta tentang Viral Latto-latto Virus

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang game viral tiktok lato lato milik Lord Arnold.

☑ Latto-latto bukan dari Indonesia

Ternyata latto-latto bukanlah permainan asli Indonesia, namun masyarakat Indonesia sudah mengenal dan memainkannya sejak tahun 1990-an di daerah Bugis dengan nama latto-latto. Latto-latto kemudian berkembang di daerah lain dan dikenal dengan sebutan katto-katto atau etek-etek.

Ternyata hal lain tentang lato-lato adalah permainan yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1960. Lato-lato dikenal sebagai Clackers Ball Toys atau Click Clacks di AS dan bentuknya hampir sama dengan lato-lato, tapi apa Yang sedikit membedakan adalah bahan tali Click Clacks yang biasanya lebih tebal dari latto-latto Indonesia.

☑ Menjadi korban

Ketika permainan, juga dikenal sebagai Click Clacks, populer di Amerika Serikat, itu menampilkan pendulum kaca. Akibatnya, permainan tersebut memakan korban di negara asalnya, Amerika Serikat dan Kanada.

Saat pendulum dipukul terlalu keras, gaya antara kedua pendulum berpotongan terlalu kuat sehingga menyebabkan pendulum putus dan hancur sehingga menimbulkan korban jiwa.

Hal ini menyebabkan produksi dihentikan karena pendulum yang rusak menyebabkan cedera serius setelahnya.

☑ Mari kita buat kompetisi

Karena lato-latto merupakan permainan tradisional yang begitu semarak, maka lato-latto kini dijadikan ajang kompetisi untuk memeriahkan event-event di kota-kota di Indonesia.

Salah satunya di daerah persebaran permainan ini yaitu Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan lomba ini diselenggarakan oleh Studio A2 Art Photography di Gedung Olah Raga (GOR) Kabupaten.

☑ Baik untuk pengembangan

Ternyata ada fakta menarik yang berguna bagi pengguna game ini. Saat memainkan game ini, pengguna mencoba berkonsentrasi dan fokus pada dua pendulum yang bertabrakan dan memantul.

Semakin lama pengguna game ingin menjaga kedua pendulum bergerak, semakin banyak konsentrasi yang dibutuhkan.

Selain itu, jika biasanya permainan ini dimainkan oleh anak-anak, permainan ini dapat membantu anak mengasah sensori dan motorik kasar gerak dan koordinasinya.

☑ Latih kesabaran

Selain mengasah koordinasi gerak sensorik dan motorik kasar, game ini juga bermanfaat untuk melatih kesabaran pengguna game.

Saat bermain latto-latto, pengguna penuh konsentrasi dan terus bersabar menjaga kedua pendulum tetap bersentuhan agar permainan tetap berjalan.

Juga, jika Anda seorang pemula, Anda akan mencoba dan mencoba sampai berhasil, jadi mempelajari permainan ini membutuhkan banyak kesabaran.

☑ Melatih keseimbangan tubuh

Karena permainan ini memiliki dua pendulum yang beratnya sama dan panjang yang sama, dengan ring atau cincin di tengahnya untuk menopang keseimbangan. Kemudian pengguna juga perlu menjaga keseimbangan saat memainkan game ini.

Nah, ternyata banyak yang bisa kita pelajari dari game-game viral ini, peepss.

Apakah Anda tertarik untuk memainkan game ini? Jika demikian, Anda dapat membelinya dari toko atau pasar langganan Anda. Semoga kita jadi pengguna game yang bertanggung jawab dan bijak ya gaes.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang game lato-latto-latto resmi. Saya harap ini dapat membantu Anda.