Makna dan Arti Lambang Burung Garuda Pancasila

Makna Lambang Garuda Pancasila – Kesempatan kali ini kita akan membahas makna lambang burung garuda Pancasila lengkap beserta artinya. Simak pembahasanya sampai tuntas.

Makna dan Arti Lambang Burung Garuda Pancasila

Pengertian Pancasila

Sebagai orang Indonesia, kita tentu mengenal Pancasila, tapi apakah Anda benar-benar tahu arti dari Pancasila itu sendiri? Jadi, apa arti atau definisi dari Pancasila? 
Pancasila adalah ideologi dan dasar negara Indonesia. Pancasila merupakan dasar dari semua keputusan yang dibuat oleh bangsa Indonesia dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia itu sendiri.
Kata Pancasila secara etimologis berasal dari bahasa Sansekerta India, yang merujuk pada kasta Brahmana. 
Di sana, kata “panca” berarti lima, sedangkan kata “sila” berarti dasar. Dengan demikian, arti kata Pancasila secara harfiah adalah lima dasar, yang kemudian digunakan sebagai kelima simbol Pancasila.

Makna Lambang Garuda Pancasila Dan Penjelasannya

Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara memiliki simbol yang memiliki makna tersendiri. Saya telah menyebutkan bahwa Pancasila memiliki 5 simbol, dan simbol Pancasila ada pada perisai di dada burung Garuda. Setiap sila dari Pancasila diwakili oleh sebuah simbol:
1. Bintang
2. Rantai
3. Pohon Beringin
4. Kepala Banteng
5. Padi dan Kapas

Makna Perisai / Tameng

Makna Perisai / Tameng

Lima simbol Pancasila mengelilingi perisai di dada burung Garuda. Makna perisai terletak pada perisai itu sendiri, yang telah lama dikenal oleh masyarakat dan budaya nusantara sebagai senjata yang melambangkan perlindungan, pertahanan, dan perjuangan untuk mencapai tujuan.

Masing-masing Lambang yang pada Lapal Pancasila

1. Bintang Segi Lima

Lambang Bintang Pancasila

Yang pertama adalah simbol bintang. Simbol ini terletak di tengah dan memiliki lima sudut yang melambangkan sila pertama pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Simbol bintang itu sendiri melambangkan cahaya yang dipancarkan Tuhan kepada setiap manusia. Selain itu, lambang bintang juga dimaknai sebagai cahaya yang menerangi dasar Negara, hakikat Negara, dan tujuan Negara, yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945. Latar belakang hitam mewakili warna alam dan menandakan bahwa kasih karunia Tuhan adalah sumber dari segalanya.

2. Rantai

Lambang Rantai Pancaslila 2

Yang kedua adalah simbol rantai. Simbol ini terletak di sebelah kanan bawah dan melambangkan sila kedua dari Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai ini memiliki bentuk persegi panjang dan melingkar, yang saling terkait, rantai persegi panjang melambangkan pria dan rantai melingkar melambangkan wanita. Rantai tersebut digambarkan terhubung, yang berarti bahwa semua orang, baik pria maupun wanita, saling membutuhkan satu sama lain dan harus terhubung untuk menjadi kuat seperti rantai.

3. Pohon Beringin

Lambang Pohon Beringin Pancaslia 3

Simbol pohon beringin adalah yang berikutnya. Simbol ini terletak di atas simbol rantai atau di sudut kanan atas. Simbol yang mewakili perintah ketiga ditafsirkan sebagai pohon besar di mana banyak orang dapat berteduh. Ini melambangkan negara Indonesia, yang merupakan tempat bernaung bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak hanya itu, cabang dan akar pohon beringin menyebar ke segala arah. Hal ini merepresentasikan keragaman suku bangsa yang bersatu di Indonesia.

4. Kepala Banteng

Lambang Kepala Banteng Pancaslia 4

Simbol keempat adalah kepala banteng. Simbol ini terletak di sebelah kiri atas dan melambangkan sila keempat pancasila, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Karena banteng adalah hewan sosial, simbol ini berarti bahwa orang-orang suka berkumpul dalam konsultasi di mana mereka harus bertemu untuk mendiskusikan sesuatu.

5. Padi dan Kapas

Lambang Padi dan Kapas Pancaslia 5
Yang terakhir adalah simbol padi dan kapas. Lambang ini terletak di bawah lambang kepala banteng, atau sebelah kiri bawah, yang melambangkan sila kelima pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Beras dan kapas sebenarnya merupakan kebutuhan dasar dan fundamental bagi setiap manusia, yaitu pangan dan sandang, yang merupakan prasyarat utama untuk mencapai kesejahteraan. Terbukti, simbol padi dan kapas sejalan dengan tujuan utama dari prinsip kelima.

Penutup

Demikianlah artikel yang membahas tentang makna dan arti lambang Burung Garuda Pancasila, semoga artikel tersebut di atas dapat membantu sahabat dosenpintar.com semua dalam segala aspek, baik dalam pendidikan maupun pengetahuan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.