Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian Poster: Tujuan dan Cara Membuatan Yang Benar

Simak pengertian poster serta tujuan dan cara membuat poster. Poster termasuk dalam materi kelas 3 SD tema 5.

Teman-teman pasti sudah mengenal dan melihat berbagai jenis poster yang tersebar di tempat umum atau banyak tempat.

Banyak sekali poster yang terpampang di banyak tempat berisi penjelasan atau promosi suatu produk atau tempat.

Namun, tahukah teman-teman apa tujuan dari pembuatan poster dan bagaimana cara membuat poster? Untuk mengetahui tentang poster, teman-teman dapat melihat penjelasan yang akan diberikan oleh skda.co.id pada artikel Pengertian Poster berikut ini

Contoh Poster
Contoh Poster Sederhana


Apa Sebenarnya Pengertian Poster?

Kegiatan

Poster adalah sebuah media yang bertujuan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk teks atau gambar. Poster juga merupakan sarana untuk menginformasikan kepada publik tentang ide, konsep, atau isu-isu penting lainnya.

Ada orang yang mengartikan poster sebagai karya seni grafis yang berisi gambar, teks, atau bahkan keduanya.

Poster biasanya dipajang di dinding atau di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh banyak orang dengan cara menempelkannya.

Ternyata poster memiliki beberapa tujuan khusus yang perlu diketahui. 

Lihat penjelasan tentang tujuan poster di bawah ini.


Tujuan Pembuatan Poster Kampanye dan Layanan Masyarakat

Poster tidak hanya untuk dipajang tanpa tujuan tertentu. Tujuan dari poster ini adalah untuk memastikan bahwa informasi pada poster dapat dimengerti oleh pembaca.

Selain itu, ada beberapa tujuan pembuatan poster. Di bawah ini adalah definisi poster dan tujuannya:

  • Agar masyarakat menjadi lebih mengetahu tentang kegiatan dan berbagai informasi yang ingin disampaikan.
  • Membuat produk atau jasa lebih dikenal banya orang.
  • Mengingatkan masyarakat terkait berbagai hal, mulai dari hidup sehat, menjaga kebersihan, dan lainnya.
  • Mengingatkan masyarakat agar tidak berbuat sesuatu yang dapat merugikan orang lain.

Tata Cara Membuat Poster Niaga, Film, Pendidikan dan Komik Yang Mudah

Setelah mengetahui Pengertian Poster dan tujuan pembuatan poster, berikut akan diberikan langkah cara membuat poster.

1. Tentukan Topik dan Tujuan

Sebelum membuatnya, perlu untuk menentukan topik dan tujuan yang akan diangkat di dalam poster. Hal itu bisa memudahkan teman-teman untuk menyesuaikan kata-kata dan gambar yang menarik untuk ditulis di poster.

2. Susun Kata atau Kalimat

Langkah selanjutnya yakni menyusun kata menjadi sebuah kalimat yang menarik dan cocok, dengan tujuan poster yang akan dibuat. Disarankan untuk membuat kalimat pendek, singkat, sederhana, ringkas. Selain itu, jenis huruf yang tebal dan besar.

Bahasa dalam sebuah poster tidak boleh ambigu dan bertele-tele. Dan harus bisa dibaca dengan jelas oleh publik. Pilih bahasa yang jelas, singkat, padat, dan bersifat mengajak atau persuasif.

3. Tentukan Gambar

Setelah itu baru menentukan gambar yang akan digunakan di dalam poster. Gambar yang dipilih tentunya harus sesuai dengan topik atau isi kalimat yang ingin disampaikan.

4. Perhatikan Tata Letak Tulisan dan Gambar

Yang perlu diperhatikan lainnya adalah tata letak tulisan dan gambar. Hal ini lantaran berguna untuk menarik perhatian publik.

Tulisan dan gambar juga harus terlihat jelas agar mudah dipahami oleh banyak orang. Hal penting lainnya adalah pemilihan warna yang bisa menarik perhatian publik.

5. Cetak Poster

Setelah desain poster selesai dibuat, tahap selanjutnya yakni pencetakan poster. Poster dapat dicetak dalam bentuk konvensional yakni berupa digital atau foto dan kertas.

Pencetakan poster harus sesuai dengan konsep yang digunakan oleh si pembuat. Setelah dicetak, poster bisa disebar ke banyak titik tempat yang bisa dilihat oleh banyak orang.

Namun saat ini, Pengertian Poster tidak hanya berbentuk cetak namun berbentuk file digital yang bisa dibagikan melalui media sosial.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai pendidikan tentang maksud dan arti pengertian poster, tujuan, jenis dan cara membuatnya yang benar. Semoga membantu. Dirangkum dari berbagai sumber.