-->

Lirik Sholawat Nariyah Lengkap Arab, Latin, Arti B. Indonesia

Sadar Kaya Dunia Akhirat

Sholawat Nariyah – Ummat nabi Muhammad SAW sangat dianjurkan untuk melantunkan Sholawat, bahkan saking pentingnya Sholawat.

Baginda Nabi Muhammad SAW memberikan contoh orang yang paling pelit didunia adalah orang yang tidak mau bersholawat saat disebutkan nama Nabi SAW.

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْبَخِيلُ الَّذِي مَنْ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيَّ

Artinya : Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, ia berkata, Rasulullah bersabda, Orang yang sangat pelit adalah orang yang ketika namaku disebut di sampingnya, ia tidak membaca shalawat kepadaku. (H.R. At-Tirmidzi:3469).

Lirik Sholawat Nariyah Berikut Latin Dan Artinya

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً

كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا

تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ

تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ

وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ

وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ

وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ

وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ

وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ

بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ

وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ

بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Alloohumma sholi sholaatan
Kaamilatan wasallim salaaman
Taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii

Tanhallu bihil ‘uqodu
Wa tanfariju bihil kurobu
Wa tuqdhoo bihil hawaa-iju
Wa tunaalu bihir roghoo ibu

Wa husnul khowaatimi
Wa yustasqol ghomaamu
Bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii

Wa shohbihi fii kulli Lamhatin wa nafasin
Bi ‘adadi kulli ma’luumin laka

Artinya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau.”

Keutamaan Membeca Sholawat Nariyah

Segala sesuatu yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW tentunya memiliki keutaman yang didapatkan oleh hamba tersebut, seperti artikel yang ditulis lotteria.id.

Terlebih dalam hadis juga sudah diperjelas bahwa Rosulullah SAW bersabda terkait ganjaran yang didapatkan oleh orang yang bersholawat :

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya, “Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali,” (HR Muslim).

Sama halnya jika membaca sholawat nariah yang saat ini sedang dibahas yakni memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui.

Sholawat Nariah Pembuka Rezeki

Keutamaan yang banyak cari oleh banyak orang terkait amalan sholawat nariyah adalah sebagai kunci untuk membuka pintu Rezeki.

Percaya atau tidaknya tergantung dari keyakinan masing-masing namun sampai saat ini banyak pembuktian seseorang yang rajin mengamalkan sholawat nariyyah dimudahkan Allah dari sisi rejekinya.

Namun ketika mengamalkan niatkanlah hanya karena Allah SWT tidak karena hal lain, apalagi niatnya hanya ingin kaya.

Jika ikhlas karena Allah SWT nanti dikabulkan Allah hajat yang diinginkan dengan mudah, karena Allah SWT lebih mengetahui apa yang menjadi kebutuhan seorang hamba.

Menghilangkan Rasa Sedih Ketika Dalam Masalah

Dengan wasilah sholawat nariyah yang dibaca hanya karena Allah SWT dan Rosulnya, maka akan mendapatkan keutamaan hilangnya rasa sedih ketika mendapatkan berbagai masalah.

Hal diatas sangat singkron dengan hadis nabi Muhammad SAW terkait fadilah atau keutamaan bersholawat.

(من صلى عليَّ مائة صلاة حين يصلي الصبح قبل أن يتكلم قضى الله له مائة حاجة ، عجل له منها ثلاثين حاجة ، وأخر له سبعين ، وفي المغرب مثل ذلك )

Artinya : “Barangsiapa yang bersolawat padaku 100 kali ketika waktu subuh sebelum mulai berbicara, maka Allah akan tunaikan 100 hajat, 30 diantaranya disegerakan, dan 70 sisanya diakhirkan. Dan bagi yang melakukannya waktu maghrib juga demikian”.

Meskipun hadis tersebut banyak para ulama mengatakan lemah, namun bisa menjadikan semangat dalam mengamalkan bacaan sholawat nariyah.

Allah Mudahkan Segala Urusan

Keutamaan bagi seorang hamba yang rajin mengamalkan sholawat nariyah maka Allah SWT akan memudahklan segala urusan dunia maupun akhirat.

Jika memiliki masalah besar maka seseorang tersebut tidak bimbang, bingung dan juga tidak cemas karena Allah SWT yang membimbing secara langsung dalam penyelesaian masalah.

Allah Jauhkan Dari Wabah Penyakit

Keutamaan amalan sholawat witir selanjutnya tidak main-main, karena fadilah bagi orang yang rutin membaca Allah SWT berikan keberkahan dalam hidupnya.

Dijauhkan dari penyakit dan wabah selain itu Allah juga akan menyelamatkan seseorang tersebut dari bahayanya penyakit.

Doanya Mudah Dikabulkan

Keutamaan membaca sholawat nariayah selanjutnya adalah Allah mudahkan untuk terkabulnya doa yang dipenjatkan jika dibaca sebanyak banyaknya.

Akan tetapi harus memiliki keyakinan yang kuat bahwa doa yang dipanjatkan terkabul dan berdoanya harus diniatkan hanya karena Allah semata.

Allah SWT Bersholawat Untuk Hambanya

Keutamaan selanjutnya bagi seorang hamba yang rutin membaca sholawat nariyah adalah akan mendapatkan balasan sholawat langsung dari Allah SWT.

Sebagaimana Allah berfirman terkait ucapan sholawat untuk baginda nabi muhammad SAW.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا “

Latin : Innallaha wa malaikatahu yushalluna alannabiyyi yaa ayyuhalladzina aamanu shallu alaihi wa sallimu taslima.”

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Disambut Oleh Rosulullah SAW

Keutamaan bagi seseorang yang membaca secara rutin sholawat nariyah adalah disambutnya seorang hamba tersebut oleh Rosulullah SAW.

Karena setiap hamba yang bersholawat dengan niat hanya kepada Allah SWT dan Rosulnya. Maka baginda Rosulullah sendiri yang akan menyambutnya dengan ucapat sholawat kembali.

Para Malaikat Memberikan Sholawat

Saat membeca sholawat nariyah dengan terus menerus dan hanyak karena Allah SWT. Maka yang menyambut dan memberi sholawat bukan hanya Allah SWT dan Rosulullah SWT, melainkan para malaikat juga turut bersholawat.

Hal ini termaktub dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, SebagaimanaRosulullah SAW bersabda :

Artinya : Siapa yang bershalawat untuk Nabi Muhammad saw sekali, maka Allah swt dan malaikatnya akan bershalawat untuknya 70 kali.”

LihatTutupKomentar