-->

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal di Word Yang Benar!

Daftar pustaka ini memang salah satu komponen yang ada di dalam karya ilmiah. Namun, masih banyak yang bingung bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang baik dan benar. Kalau memang begitu, langsung saja simak pembahasan lotteria.id kali ini.

Memang ketika menuliskan karya ilmiah, pastikan akan terdapat daftar pustaka di dalam halamannya. Daftar pustaka ini merupakan sebuah kumpulan dari referensi yang memang digunakan dalam pembuatan karya tulisnya. Jadi, kalau menggunakan referensi suatu jurnal atau artikel haruslah menuliskan daftar pustakanya,

Nah, kalau memang baru pertama kali membuat karya ilmiah dan masih bingung tentang bagaimana cara untuk membuat daftar pustakanya, bisa langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini. Akan ada banyak sekali pembahasan mengenai daftar pustaka yang bersumber dari jurnal.

Aturan Penulisan Daftar Pustaka Yang Dasar

cara-menulis-daftar-pustaka-pustaka-dari-jurnal

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara menulis daftar pustakanya, maka disini akan kami sampaikan penjelasan mengenai daftar pustakanya terlebih dahulu. Jadi, daftar pustaka ini adalah komponen yang ada di akhir karya ilmiah yang berisi tentang judul tulisan, penerbit, nama penulis, tahun terbit, dan identitas penerbit.

Kegunaan dari daftar pustaka ini adalah sebagai rujukan seorang penulis atau sumber informasi dalam membuat karya ilmiah. Bukan hanya itu saja adanya daftar pustaka ini juga akan menunjukkan bahwa karya ilmiah yang dibuat ini bukanlah hanya bersumber dari pemikiran si penulisnya. Tetapi ada banyak rujukan yang terdapat di dalam karya ilmiahnya tersebut.

Selain itu juga, dengan daftar pustaka ini juga akan bisa membantu ke pembaca apabila ingin membaca tentang topik atau permasalahannya dalam bentuk yang lebih detail. Serta daftar pustaka juga merupakan salah satu bentuk terima kasih kepada penyumbang yang telah membuat jurnal baik dalam bentuk media atau apapun.

Nah, dengan begitu, penulisan jurnal ini haruslah baik dan benar agar bisa diketahui oleh orang-orang dengan benar. Untuk melakukan penulisan daftar pustaka ini memang ada aturan dasarnya. Yang mana pembuat atau penulis karya ilmiah harus terapkan.

Untuk yang belum mengetahuinya, di bagian ini juga kami akan sampaikan beberapa aturan dasar yang ada di dalam daftar pustaka karya ilmiah. Kalau begitu, langsung bisa simak penjelasan tentang aturan dasarnya berikut ini.

Nama

Dalam penulisan daftar pustaka hal yang paling utama yang harus penulis tuliskan adalah nama. Untuk urutan penulisannya yang benar adalah mulai dari nama belakang atau nama keluarga setelah itu berikan tanda koma(,) untuk pemisah. Selanjutnya bisa tuliskan nama depan dan nama tengah dari penerbit jurnal.

Nah, kalau jurnal atau buku referensinya ini memiliki dua atau tiga pengarang, maka nama pertamanya saja yang mengikuti aturan penulisan di atas. Nanti nama pengarang yang kedua dan ketiga bisa penulis tuliskan seperti biasa saja dan terletak di setelah nama pertama.

Tahun Terbit

Setelah menuliskan nama penerbit, bisa langsung menuliskan tahun terbit. Nantinya jika menggunakan tahun terbit akan bisa lihat apakah buku atau jurnal tersebut merupakan cetakan awal atau bukan. Pasalnya bisa saja buku yang penulis gunakan itu merupakan buku yang cetakan kedua, ketiga atau seterusnya.

Jadi, jangan sampai salah untuk melihat cetakannya. Pasalnya ini juga harus berhati-hati agar sumbernya tidak salah dan informasi yang kita berikan itu benar serta tidak menyesatkan orang.

Judul Buku

Jika sudah selesai menuliskan tahun buku, bisa langsung memasukkan judul buku. Untuk penulisan judul buku, nanti penulisannya seperti biasa. Mengikuti persis judul yang ada di buku atau jurnalnya. Namun, perlu penulis perhatikan kalau menuliskan judul buku haruslah menggunakan gaya tulisan miring (Italic).

Kota Dan Nama Penerbit

Bagian terakhir yang nantinya penulis tuliskan di dalam daftar pustaka adalah kota jurnal atau buku terbit dan nama dari penerbitnya. Namun, untuk penulisannya harus penulis perhatikan, jadi tulis terlebih dahulu kota dari buku atau jurnal tersebut terbit. Setelah itu tulis tanda titik dua (:) dan tuliskan nama penerbit buku atau jurnalnya tersebut.

Selain itu, hal yang perlu penulis perhatikan lainnya adalah dari setiap bagian seperti nama, tahun terbit, judul buku atau jurnal, dan kota penerbit haruslah dipisah dengan tanda titik (.).

Nah, itulah beberapa aturan dasar yang memang harus penulis karya ilmiah pahami terlebih dahulu. Kalau sudah paham barulah nanti akan bisa membuat daftar pustaka yang baik dan benar.

cara-menulis-daftar-pustaka-pustaka-dari-jurnal

Sebenarnya untuk cara menulis daftar pustaka dari jurnal ini sangatlah mudah. Ketika sudah mengetahui aturan dasarnya, nanti akan bisa langsung menerapkannya. Namun, supaya lebih jelas akan kami sampaikan cara menuliskannya yang jelas.

Jadi, nanti untuk menuliskan daftar pustaka dari jurnal ini mengikuti urutan yang seperti aturan dasarnya. Namun memang ada beberapa bagian yang sedikit berbeda. Langsung simak bagaimana cara menuliskannya di bawah ini.

Nama belakang terlebih dahulu dan nama depan serta tengah (lanjutkan nama pengarang jika lebih dari satu).Judul artikel atau jurnal.Nama Jurnal (Format Italic).Volume Jurnal (Issue atau Nomor) dengan format Italic.Halaman.

cara-menulis-daftar-pustaka-pustaka-dari-jurnal

Nah, kalau ingin menuliskan daftar pustaka dari jurnal di word, maka bisa juga penulis lakukan secara otomatis. Jadi, nantinya akan bisa menuliskannya dengan cepat daftar pustakanya tanpa kesulitan. Maka dari itu, bisa langsung saja menuliskan daftar pustaka dari jurnal di word dengan cara di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Lalu bisa klik References dan arahkan kursor ke pilihan Insert Citation.
  3. Setelah itu, klik New Source.
  4. Kemudian, bisa langsung tuliskan format penulisan daftar pustaka seperti yang ada di atas.
  5. Jika sudah selesai bisa klik OK.
  6. Setelah itu, bisa langsung saja Insert semua sumber yang nantinya akan dilakukan pengutipan.
  7. Jika sudah lakukan kembali Manage Source dan langsung memilih semua sumber baik jurnal dan lainnya yang ingin penulis kutip.
  8. Selanjutnya untuk buat daftar pustaka otomatis bisa klik Reference dan klik kembali Style. Pilih style mana yang memang ingin digunakan.
  9. Kalau sudah klik Bibliography.
  10. Selesai, daftar pustaka sudah jadi.

Di atas merupakan cara menuliskan daftar pustaka dari jurnal secara mudah dan juga baik dan benar. Kalau memang begitu, bisa langsung coba membuatnya menggunakan langkah di atas.

Baca Artikel Lainnya :

LihatTutupKomentar