4 Manfaat Sedekah Akhir Tahun Sebagai Penutup Amalan

skda.co.id - sadar kaya dunia akhirat

Sedekah Akhir Tahun – Saat ini kita sudah berada dipenghujung akhir tahun tentunya memiliki harapan agar tahun berikutnya bisa lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun yang sebelumnya.

Tidak akan mungkin seseorang memiliki keinginan yang menurun, jika dia pedagang berharap dilancarkan dagangannya.

Begitu juga dengan profesi yang lainnya, seperti guru, anak didik, pegaway suwasta semuanya ingin menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Akan tetapi hal demikian tidaklah mudah membutuhkan banyak proses yang harus dilewati, karena tentunya banyak tantangannya.

Dari semua pekerjaan ataupun profesi yang disebutkan diatas ada kunci ajaib untuk memperlancar dalam menjemput impiannya salah satu jalannya adalah Sedekah Akhir Tahun.

Fadilah Sedekah Akhir Tahun

Banyak orang sudah mengerti akan manfaat dan fadilah sedekah yang sering dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena sedekah ini dapat diyakini sebagai media untuk mempermudah jalannya urusan. Semuanya tergantung dari niat yang disampaikan, namun jangan sampai didalam niat sedekah tersebut lupa dengan Tuhan.

Padahal segala sesuatu yang ia miliki bahkan yang akan ia sedekahi semuanya dari Allah SWT semata. {Jika belum paham maksudnya NGAJILAH}.

Dari banyaknya keutamaan dalam sedekah dibawah ini akan disimpulkan beberapa fadhilah atau keutamaan yang bisa dirasakan bagi orang yang bersedekah.

Sebagai Media Penghapus Dosa

Detik-detik akhir menjelang akhir tahun tentunya untuk hamba yang beriman dan sholih akan melakukan evaluasi terhadap tingkah laku yang selama ini dikerjakan.

Banyak baiknya atau malah sebaliknya banyak buruk dan maksiatnya, sehingga setelah melakukan tafakur seorang hamba melanjutkan untuk Sedekah Akhir Tahun.

Karena hal tersebut bisa dijadikan sebagai media pengampunan dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.

Sebagaimana telah dijelaskan didalam hadis Rosulullah SAW yang kurang lebih artinya seperti ini.

Artinya .“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR At-Tirmidzi).

Jdi bagi siapapun ummat muslim yang menginginkan dihapuskannya dosa-dosa yang pernah dilakukan. Maka sangat tepat sekali jika menggunakan media Sedekah Akhir Tahun untuk menghapusnya.

Yang maha pengampun atas semua dosa adalah Allah SWT bukan makhluk dan bukan lainya, maka dari itu jika sedekah harus benar-benar hanyak karena Allah SWT dan Rosulnya. {Ikhlas}.

Menambah Kekayaan Harta

Pada dasarnya jika dilihat secara kasap mata, orang yang sedekah akan berkurang hartanya dari yang telah dikeluarkannya.

Akan tetapi perlu dipahami bahwa sebenarnya sedekah adalah sarana untuk menambah harta dari jalan yang tidak terduga-duga.

Karena yang memberikan harta kekayaan adalah Allah SWT, jadi ketika ada hambanya yang Sedekah Akhir Tahun mengeluarkan hartanya.

Hal ini akan dikembalikan oleh Allah SWT berkali lipat gandanya dan cara Allah adalah yang sangat tepat untuk mengembalikannya.

Sebagaimana Allah SWT berfirman :

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Artinya : Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan. (QS. Al-Baqarah Ayat 245)

Kalimat meminjami Allah didalam ayat tersebut bermakna sedekah orang yang bersedekah ikhlas hanya karena Allah SWT.

Tentu saja seorang muslim yang taat tidak akan takut dan sulit untuk melakukan sedekah karena pada dasarnya Sedekah Akhir Tahun yang dikeluarkan akan menambah keberkahan dari harta yang dimiliki.

Menyembuhkan Penyakit

Sedekah Akhir Tahun yang dikeluarkan dapat menjadi wasilah kesembuhan penyakit. Jika diakhir tahun ini ada saudara dekat yang sedang sakit parah.

Maka tidak ada salahnya sedekahkan diam-diam dengan niat ikhlas karena Allah SWT, semoga Allah menyambuhkan penyakit yang ia derita.

Sebagaimana perkataan dari Ibnu Qoyyim Rohimahullah menjelaskan terkait khasiat sedekah yang dapat menolak berbagai macam penyakit.

فإن للصدقة تأثيرًا عجيبًا في دفع أنواع البلاء ولو كانت من فاجر أو من ظالم بل من كافر فإن الله تعالى يدفع بها عنه أنواعا من البلاء وهذا أمر معلوم عند الناس خاصتهم وعامتهم وأهل الأرض كلهم مقرون به لأنهم جربوه

Artinya : “Sedekah memiliki khasiat yang kuat menolak berbagai macam bala (termasuk penyakit). Bahkan, sekalipun itu dari orang yang ahli maksiat, zalim, maupun orang kafir. Melalui sedekah yang mereka lakukan, Allah angkat bala. Khasiat sedekah seperti ini disaksikan oleh banyak orang, orang-orang berilmu, atau kaum awam umumnya, bahkan seluruh penduduk bumi mengakuinya karena mereka telah merasakan sendiri.” (Jami’ Al-Fiqh, 3: 7)

Dari banyaknya macam penyakit yang dapat disembuhkan melalui pengobatan dokter banyak juga yang sembuh dengan media sedekah.

Namun ada juga salah satu penyakit yang tidak bisa sembuh dengan pengobatan dokter seketika bisa sembuh dengan media sedekah, Yakni Penyakit HATI.

Perhatikan orang yang senang bersedekah dia akan terlihat senang tidak mudah marah dan lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan asbab sedekah yang menjadikan hati lapang, tenang, terang dan tentram tidak keras dan lainnya.

Menghilangkan Rasa Khawatir

Fadhilah sedekah akhir tahun yang selanjutnya adalah Allah hilangkan rasa Khawatir. terhadap apapun, baik kehidupan dunia, cemas atau khawatir susah makan.

Terlebih ditahun yang akan datang semua kebutuhan akan semakin mahal dan tentunya biaya hidup semakin kencang.

Kondisi yang demikian bagi seseorang yang hatinya ada rasa Khawatir khawatir dia akan terkontaminasi dengan ketakutan yang teramat.

Tetapi tidak bagi yang senang bersedekah, ia akan tetap diberi rasa senang, idak khawatir dan dihindarkan oleh rasa cemas yang menghantui kehidupan akan datang.

Janji Allah SWT sudah jelas yang tertulis didalam Q.S Al-Baqoroh : 274

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Artinya : Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait Sedekah Akhir Tahun yang ditulis dalam sebuah artikel lotteria.id Semoga bermanfaat.

Mohon maaf jika ada kalimat atau penjelasan yang kurang tepat kiranya mohon diluruskan. Wallahu A’lam….