Bacaan Doa Walimatul Hamli 4 Bulanan dan 7 Bulanan

Bacaan Doa Walimatul Hamli 4 Bulanan dan 7 Bulanan
Bacaan Doa Walimatul Hamli 4 Bulanan dan 7 Bulanan

Bacaan Doa Walimatul Hamli 4 Bulanan dan 7 Bulanan – Doa Walimatul Hamli merupakan doa yang biasa dibaca dalam acara pesta syukuran pada saat seorang wanita sedang hamil. Doa ini dipanjatkan sebagai tanda syukur atas janin yang dikandung berharap selalu sehat dan dan kelak anak tersebut tumbuh menjadi anak yang saleh dan berbakti kepada orang tua.

Jika dilihat dari arti per kalimat bahwa “Doa Walimatul Hamli” berasal dari bahasa Arab, yang terdiri dari dua kata yakni “walimah” yang berarti syukuran dan “hamil” yang berarti hamil. Artinya doa yang dipanajatkan adalah untuk seorang wanita yang sedang mengandung atau hamil.

Bacaan Doa Walimatul Hamli Yang Bisa Diamalkan

Bacaan Doa Walimatul Hamli juga termasuk bagian dari doa yang diucapkan untuk meminta ridha Allah SWT atas bayi yang masih dalam kandungan. Selain itu untuk memohon perlindungan dan keberkahan bagi janin tersebut jika telah lahir dialam dunia kehidupan.

Doa tersebut biasanya dibaca pada saat kandungan janin berumur 4 bulan atau 7 bulan. Sebaiknya doa tersebut dibaca oleh kedua orang tua atau kerabat terdekat serta tamu yang diundang dalam acara tersebut.

Berikut dibawah ini akan dituliskan beberapa doa walimatul hamli secara lengkap berikut latin dan artinya.

Doa Walimatul Hamli 4 Bulan Nu Online

Acara Walimatul Hamli 4 Bulan biasanya diadakan untuk menyampaikan kabar gembira dan bersyukur atas kehamilan yang sedang dijalani oleh seorang ibu. Selain itu, acara ini juga menjadi momen yang tepat untuk mempererat hubungan dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman yang hadir.

Biasanya, dalam acara Walimatul Hamli 4 Bulan, keluarga atau pasangan suami istri menyediakan hidangan makanan dan minuman untuk emnjamu para tamu yang hadir. Tentunya didalam acara tersebuat yang tidak kalah penting adalah doa bersama, memohon kepada Allah SWT diberi kesehatan dan dimudahkan dalam prosesi melahirkan.

Adapun salah satu bacaan doa walimatul hamli 4 bulan adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، اللَّهُمَّ حَافِظْهُ فِي بَطْنِي وَأَخْرِجْهُ مِنْهُ سَلِيمًا مُعَافًى، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ ذُخْرًا لَنَا وَلِوَالِدَيْهِ، وَاجْعَلْهُ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ.

Allahumma barik lana fi ma razaqtana waqina ‘adhaban-nar, Allahumma hafidhzhu fi bathni wa-akhrijhu minhu saliman mu’afan, Allahumma j’alhu dzhukhran lana wa liwali-dayhi, waj’alhu min ‘ibadikas-shalihin.

Artinya :

“Ya Allah, berkatilah rezeki yang Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka. Wahai Tuhanku, peliharalah bayi ini di dalam rahimku dan keluarkanlah dia dari rahimku dengan selamat dan sehat. Ya Allah, jadikanlah dia sebagai harta karun untuk kami dan untuk orangtuanya, dan jadikanlah dia sebagai hamba-Mu yang saleh.”

Doa Walimatul Hamli 7 Bulan Dan Artinya

Biasanya tradisi ummat islam nusantara ketika seorang ibu sedang mengandung bukan hanya empat bulanan. Namun juga tradisi 7 bulanan yakni acara syukuran atau doa bersama pada saat seorang ibu sedang hamil masa 7 bulan.

Tentunya harapan dalam doa tersebut tidak jauh dari pengharapan agar janin yang dikandung sehat dan prosesi kelahiran lancar serta kelak menjadi anak yang sholih.

Adapun salah satu bacaan doa walimatul hamli adalah seperti dibawah ini :

“Allahumma ij’alhu khairan mimmā natawaqqa’u wa muntaẓir wa aḥfiẓhu lanā wa barik lanā fīhi.”

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah bayi ini (Janin yang ada didalam perut) lebih baik daripada apa yang kami harapkan dan tunggu, peliharalah dia untuk kami, dan berkahilah kami dengan dia.”

Doa Walimatul Hamli Nu

Sebagai ummat muslim yang mengaku NU tentunya sudah tidak asing lagi dengan acara walimatul hamli yang biasanya diselenggarakan pada bulan ke empat dan ke tujuh.

Terkait tujuannya tidak lebih karena besarnya rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan anugrah janin yang dikandung oleh seorang ibu. Juga memohon agar janin tersebut diberikan kekuatan serta kesehatan hingga waktu melahirkan yang ditunggu-tunggu tiba.

Adapun bacaan doa walimatil hamli NU dapat dilihat dibawah ini :

Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala alihi wa sahbihi. Allahumma ij’alna mina alladhina yashkuroona ni’mataka ‘alayna wa yu’awwiduna ilayka fi ma baqiya min ‘umurina. Waj’al wilimata hamalina hadhih mubarakah wa dhat barakatin wa khairin lana wa liwaladina. Waj’alha munjizatan lihamdika wa shukrika. Wa ila dhalika nastaghfiruka wa natoobu ilayka. Wa assalamu ‘alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Artinya :

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad, serta kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya. Ya Allah, jadikanlah kami sebagai orang yang selalu bersyukur atas nikmat-Mu dan selalu kembali kepada-Mu dalam sisa umur yang kami miliki. Jadikanlah walimatul hamil ini sebagai pesta yang penuh berkah dan kebaikan untuk kami dan anak-anak kami. Jadikanlah ini sebagai penyelesaian yang penuh dengan pujian dan syukur

Apa Itu Empat Bulanan Dan Nujuh Bulanan ?

Empat bulanan dan Nujuh bulanan dalam Islam yakni melihat pada masa empat bulan pertama kehamilan atau hamil muda, dan tujuh bulan mendekati masa hamil tua. Dalam Islam, masa empat bulan janin dianggap sebagai masa yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh ibu hamil karena momen dimana Allah SWT tiupkan Ruh didalam janin.

Sedangkan pada masa nujuh bulan janin sudah mulai membesar dan menuju pada masa hamil tua, dalam artian tidak lama lagi janin tersebut akan dilahirkan.

Selain itu, dalam Islam, empat bulan pertama dan tujuh bulan kehamilan juga dianggap sebagai masa di mana malaikat yang bertugas mencatat amal baik dan buruk manusia mencatat amal kebaikan yang dilakukan oleh ibu hamil. Oleh karena itu, diharapkan bahwa ibu hamil mengisi waktu dengan berbagai amal kebaikan seperti berdoa, membaca Al-Quran, dan bersedekah.

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait bacaan doa walimatul hamli yang disampaikan oleh penulis dalam artikel skda.co.id semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam…


Rekomendasi

DMCA Protected