Begini Cara Cek Cicilan Kredivo Mudah (Tanpa Aplikasi) 2023

sadar kaya dunia akhirat

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi Kredivo pasti akan mencari tahu bagaimana cara cek cicilan Kredivo. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui tentang riwayat cicilan yang Anda miliki sebelumnya. Jika ingin mengetahui bagaimana caranya, simak terus artikel ini.

Cicilan kredit biasanya akan dilihat oleh perbankan atau multifinance sebelum melakukan kegiatan pemberian pinjaman. Apabila riwayat cicilan yang Anda miliki buruk, maka potensi pencairan dana pinjaman akan sedikit mengalami kendala. Bahkan sama sekali tidak akan didapatkan.

Riwayat cicilan juga dapat menjadi informasi yang memperlihatkan bagaimana cicilan tersebut lancar atau tidaknya dalam membayar tagihan. Biasanya pengecekan ini dapat dilakukan oleh pihak bank jika Anda ingin mengajukan pinjaman dana.

Pihak bank biasanya akan mengecek cicilan lewat Sistem Informasi Debitur atau SID. Dalam sistem tersebut akan terlihat informasi lengkap seperti identitas peminjam, jumlah pinjaman dan pinjaman yang diterima.

Kegiatan mengecek riwayat cicilan sendiri dapat juga dilakukan lewat SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan yang merupakan produk buatan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. SLIK sendiri adalah pengganti BI Checking sebagai pengawas informasi keuangan.

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 mengatur tentang SLIK OJK tentang peralihan layanan SID dari BI ke OJK. SLIK juga dimanfaatkan oleh pihak bank untuk mengecek riwayat cicilan yang berguna memperoleh informasi terkait riwayat cicilan sebagai calon debitur. Hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagi pihak bank dalam mengambil keputusan apakah nasabah tersebut akan mendapatkannya atau tidak.

Langkah-Langkah atau Cara Cek Cicilan Kredivo

  • Dokumen pendukung cek SLIK OJK, siapkan berkas salinan KTP untuk warga negara Indonesia dan paspor bagi warga negara asing. Jika menggunakan kuasa, maka siapkan salinan identitas diri dengan surat kuasa asli.
  • Isi lembar pendaftaran SLIK OJK secara online, kunjungi situs resmi SLIK pada konsumen .ojk.go.id/minisiteDPLK/Reg. Apabila sudah masuk ke situs tersebut, lalu isi dan lengkapi lembar formulir pendaftaran dan pilih jadwal waktu yang sudah ada pada slot antrian.
  • Jam antrian, perhatikan waktu layanan online yang sudah disediakan oleh OJK saat sedang melakukan pengisian formulir pendaftaran. Karena jadwal mengecek riwayat kredit lewat SLIK OJK tersedia pada hari dan jam kerja senin sampai jumat.
  • Verivikasi data, langkah selanjutnya yaitu Anda akan memperoleh surat persetujuan dari email yang digunakan sebagai verivikasi data ke nomor WA OJK SLIK pada dalam email tersebut.
  • Mengecek email, selalu cek email yang masuk pada akun secara teratur. Karena SLIK OJK dalam mengirimkan informasi cicilan lewat email tersebut. Apabila mengalami kesulitan dalam mengecek riwayat cicilan itu, SLIK OJK akan memberikan panduan yang mudah untuk cara melakukan cara cek cicilan kredivo pada situs resminya.
Baca Juga  5 Tips Bekerja Tanpa Stres untuk Freshgraduate

Mengenal Kredivo dan Cara Cek Cicilan Kredivo

Setelah mengetahui cara cek cicilan Kredivo. Berikut ini adalah informasi terkait aplikasi pinjaman ini. Kredivo merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman atau cicilan di Indonesia. Aplikasi Kredivo tidak hanya menyediakan layanan cicilan saja tapi menyediakan layanan lainnya. Seperti layanan beli sekarang tapi bayar nanti atau yang elebih dikenal dengan PayLater yang dapat dilakukan pada beberapa e-commerce.

Fungsi utama dari aplikasi ini sendiri yaitu pinjaman dan cicilan, hal ini menjadikan pengguna Kredivo wajib membayar tagihan sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Saat menggunakan aplikasi Kredivo untuk pinjaman atau cicilan. Pengguna akan dibebankan dengan bunga dan biaya transaksi saat menggunakan layanan pada aplikasi tersebut. Seperti saat menggunakan cicilan atau menggunakan PayLater.

Pada aplikasi ini juga akan ada denda yang wajib dibayar jika pengguna telat dalam membayar tagihan cicilan yang sudah ditentukan tanggalnya. Sehingga suatu keharusan bagi pengguna dalam membayar dengan tepat waktu.

Cara Membayar Tagihan Pada Kredivo

Selain cara cek cicilan Kredivo, berikut ini merupakan cara membayar tagihan. Pengguna yang menggunakan aplikasi ini harus membayar tagihan secara tepat waktu. Hal tersebut adalah untuk menghindari denda bunga serta biaya administrasi tambahan lainnya. Pada fitur PayLater Kredivo memberikan batasan waktu dalam membayar tagihan yaitu selama 30 hari setelah transaksi dilakukan.

Untuk batas limit cicilan yang diberikan oleh aplikasi Kredivo yaitu sebesar 3 juta rupiah pada fitur PayLater. Kredivo juga menawarkan fasilitas kredit dengan tenor 3 bulan, 6 bulan sampai 12 bulan. Batas maksimal untuk cicilan tersebut Kredivo memberikan sebesar 30 juta.

Berikut ini merupakan langkah-langkah membayar tagihan Kredivo.

  • Langkah pertama, masuk ke Kredivo dan pilih transaksi lalu bayar dengan memilih transaksi yang ingin dibayar.
  • Lalu lakukan pembayaran pada transaksi yang sudah dipilih. Apabila akan membayar lewat ATM pengguna akan dapat melihat jumlah pembayarannya.
  • Pada pengguna bank BCA dan Permata dapat memasukkan jumlah yang ingin dibayarkan. Untuk pengguna Mandiri, Alfamart dan Indomaret dapat melakukan proses transaksi seperti langkah pertama.
  • Bagi yang menggunakan Alfamart untuk membayar maka hanya dapat membayar 1 kali per harinya.
  • Pembayaran juga dapat dilakukan lewat Tokopedia dengan cara membuka aplikasi Tokopedia dan pilih menu pembayaran serta top up dan pilih angsuran cicilannya.
  • Saat pengguna mendapat email notifikasi untuk pembayaran dan hanya dapat membayar jumlah sesuai dengan tagihan di email, pengguna dapat melakukan sepeti langkah pertama.
Baca Juga  Cara Memperbaiki Sinyal HP Yang Hilang Di Semua Tipe Android

Biaya Transaksi, Denda dan Bunga Pada Kredivo

Jika menggunakan layanan transaksi bayar dengan waktu 30 hari maka akan dikenakan biaya layanan 1% atau minimal seribu rupiah dari nilai transaksi tersebut. Untuk transaksi cicilan dengan waktu selama 3 bulan maka terkena biaya sebesar 3% dari nilai transaksinya.

Selanjutnya untuk transaksi dengan waktu kredit 6 sampai 12 bulan terkena bunga 2,6% per bulannya dan menariknya tidak terkena biaya layanan. Untuk transaksi pinjaman tunai dengan waktu 3 sampai 6 bulan terkena biaya administrasi sebesar 6% dengan bunga 2,6% per bulannya.

Pada biaya administrasi akan terkena diawal sehingga jika pengguna meminjam dana sebesar 1 juta, maka uang yang diterima yaitu Rp. 940.000 dengan bunga 2,6% namun tetap dihitung sebesar 1 juta.

Pengguna Kredivo wajib untuk patuh dengan aturan pembayaran tagihan cicilan. Karena jika tidak, pengguna akan terkena biaya bunga denda 4% per bulannya. Kemudian pengguna juga akan terkena biaya keterlambatan sebesar 6% per bulannya jika melewati jatuh tempo.

Berikut ini merupakan contoh perhitungan biaya transaksi, denda dan bunga.

1. Pinjaman Tenor 3 Bulan

Total transaksi Rp. 1.000.000, pinjaman yang diterima Rp. 940.000, dan total tagihan dengan bunganya Rp. 26.000. Jika terlambat dalam membayar tagihan selama sebulan, pengguna harus membayar keseluhuran dengan tambahan denda bunga sebesar 4% dengan administrasi 6% yaitu totalnya Rp. 1.128.000.

2. PayLater 1 Juta

PayLater dengan total transaksi sebesar Rp. 1.000.000, biaya transaksi 1% dikali dengan Rp. 1.000.000 menjadi Rp. 10.000 dengan total jumlah tagihannya sebesar Rp. 1.111.000. Apabila terlambat dalam membayar tagihan selama sebulan maka keseluruhan yang harus dibayar dengan denda bunga dan juga biaya administrasi yaitu total Rp. 1.111.000.

Baca Juga  Cara Membuat Donat Kentang Lembut Dan Renyah Simple

Tinggalkan komentar