Cara Daftar SNBP 2023 Untuk Gap Year, Yuk Simak Caranya!

Cara Daftar SNBP 2023 Untuk Gap Year, Yuk Simak Caranya!
Cara Daftar SNBP 2023 Untuk Gap Year, Yuk Simak Caranya!

Nah Pendaftaran SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) untuk masuk ke perguruan tinggi sudah dibuka sejak hari selasa kemarin. Tepatnya pada tanggal 14 Februari 2023 sampai dengan 28 Februari 2023 ini. Maka dari itu untuk para pelajar yang belum mengetahui Cara Daftar SNBP, bisa simak tutorial pada artikel ini.

Melakukan pendaftaran ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Karena memang untuk masuk ke perguruan tinggi perlu melakukan pendaftaran melalui berbagai jalur dengan mengikuti segala peraturannya. Para calon pendaftar harus memenuhi berbagai persyaratan dan juga hal lainnya.

Untuk itu yang ingin melakukan pendaftaran melalui jalur yang satu ini. Harus menyimak penjelasan skda.co.id sekarang. Karena disini nantinya para pembaca akan mendapatkan informasi lengkap seputar pendaftaran Seleksi Nasional Bedasarkan Perstasi tersebut.

Syarat-Syarat Untuk Mendaftarkan Diri Pada SNBP 2023

SNBP ini merupakan salah satu jalur untuk para pelajar masuk ke dalam perguruan tinggi negeri (PTN). Seleksi Nasional Bersadarkan Prestasi (SNBP) ini merupakan salah satu program seleksi yang masih berkaitan dalam SNPMB. Yang mana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru ini merupakan salah satu program yang menyediakan jalur masuknya para calon mahasiswa ke PTN impiannya.

Kalau dahulu nama program ini adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nah dalam SNBP ini merupakan salah satu jalur masuknya para calon mahasiswa untuk melalui prestasi yang pelajar miliki. Tidak hanya melalui prestasi tetapi siswa di seleksi melalui portofolio, nilai rapot dan lain sebagainya.

Jangan khawatir prestasi yang bisa pelajar gunakan pada seleksi ini mencakup semua prestasi. Baik itu akademik maupun non akademik, akan bisa mendaftarkan dirinya ke dalam seleksi tersebut. Nah untuk yang ingin mendaftarakan pada seleksi ini, harus memenuhi beberapa persyaratannya.

Berikut ini merupakan beberapa persyaratan untuk mengikuti SNBP yang harus pelajar penuhi sebelum melakukan Cara Daftar SNBP :

  • Siswa harus terdaftar pada Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan juga memiliki NISN yang terdaftar dalam PDSS tersebut.
  • Yang mendaftar merupakan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 dan lulus pada tahun 2023.
  • Memiliki prestasi unggul baik akademik ataupun non akademik yang sesuai dengan PTN yang di tuju.
  • Nilai rapot terhitung dari semester 1 sampai dengan 5 sudah terupload dalam PDSS.
  • Bagi peserta seleksi yang ingin mendaftarkan pada prodi olahraga dan juga seni membuat portofolio.
  • Sekolah yang memiliki akreditas A bisa mendaftarkan siswanya sebanyak 40%. Sedangkan sekolah yang memiliki akreditas B bisa mendaftarkan siswanya sebanyak 25% dan sekolah dengan akreditas C hanya bisa mendaftarkan 5% dari jumlah siswanya.

Tata Cara Daftar SNBP 2023 Sendiri Yang Harus Dilakukan

Pendaftaran SNPB ini sudah dibuka sejak tanggal 14 februari 2023 dan akan di tutup sampai tanggal 28 Februari 2023. Para calon pendaftar bisa mendaftarkan dirinya melalui website resmi SNBP dengan URL https://portal-snpmb.bppp.kemendikbud.go.id/.

Untuk yang belum tahu cara dafatar SNPB, bisa terus menyimak pembahasan ini. Karena artikel ini sudah menyediakan cara daftar SNBP dengan sangat lengkap. Berikut ini merupakan beberapa langkah-langkah yang harus peserta lakukan :

Lakukan Login Pada Akun SNPMB

Langkah pertama melakukan kegiatan pendaftaran adalah login pada akun SNPMB. Dengan membuka website resmi https://portal-snpmb.bppp.kemendikbud.go.id/. Kalau sudah memiliki akun bisa langsung saja melakukan login SNPMB di dalamnya. Siswa yang bisa masuk ke dalam aplikasi ini adalah siswa yang sudah memenuhi persyaratan.

Beberapa persyaratannya adalah siswa yang secara resmi eligible dan nilai yang sudah terisi secara lengkap dalam PDSS. Dan juga siswa yang boleh masuk ke dalam aplikasi ini adalah siswa yang lulus pada tahun 2023.

Mevalidasi Data

Setelah selesai melakukan kegiatan login pada akun SNPMB ini. Bisa langsung saja melakukan validasi data siswa. Nantinya akan muncul halaman profil yang akan berisikan beragam data siswa. Seluruh peserta harus mengisi semua data yang tersedia dalam menu profil tersebut.

Dalam proses pengisian data ini, perlu mengisi dengan teliti. Karena semua data yang sudah tersimpan tidakan bisa diubah kembali walaupun saat proses pendaftaran belum dimulai. Melakukan kegiatan pengisian data ini tentunya harus pelajar lakukan dengan sangat hati-hati.

Melakukan Pemilihan Prodi

Langkah selanjutnya setelah melakukan pengisian profil adalah menentukan prodi yang diinginkan. Untuk para pelajar yang ingin melakukan pengisian prodi bisa melakukan langkah-langkah berikut :

  • Langkah pertama adalah klik Pilihan
  • Setelah itu langsung saja pilih Perguruan Negeri Tinggi (PTN) > pilih program studi (Prodi) yang peserta minati.
  • Jika sudah selesai langsung saja klik simpan semua pilihan.

Berikut ini merupakan beberapa peraturan dalam pemilihan program studi peserta SNPMB sebagai salah satu bagian dari cara daftar SNBP :

  • Setiap peserta bebas memilih 2 prodi sesuai dengan yang di inginkan dari satu PTN ataupun dua PTN.
  • Bebas melakukan pemilihan prodi untuk siswa dengan jurusan Bahasa, IPA dan juga IPS.
  • Kalau ingin memilih PTN dari luar daerah, harus memilih PTN dengan kota yang sama dengan asal sekolah dan juga luar sekolah masing-masing 1 PTN.
  • Siswa yang berasal dari IPS boleh mengambil jurusan IPA begitupun sebaliknya tetapi dengan ketentuan tertentu.

Harus Mengisi Portofolio

Untuk yang ingin mendaftarkan diri pada prodi seni ataupun olahraga. Harus melengkapi portofolio sesuai dengan bidangnya masing-masing. Batas minimal jumlah upload file adalah 100 MB. Ini merupakan persyaratan yang wajib untuk peserta prodi seni dan juga olahraga.

Mengisi Semua Prestasi Yang Dimiliki

Kalau pilihan ini merupakan pilihan yang bisa peserta pilih atau tidak. Untuk yang ingin menyerahkan data prestasi bisa langsung masukan saja data berupa sertifikat atau lain sebagainya. Prestasi yang peserta masukan ini maksimal 3 prestasi baik akademik maupun non akademik. Para peserta wajib mengisi prestasi yang sesuai dengan perguruan tinggi negeri (PTN) yang diinginkan.

Masuk Pada Tahap Finalisasi

Nah jika sudah masuk ke dalam tahap ini berarti kegiatan mendaftar hampir selesai. Sebelum peserta melakukan finalisasi, peserta harus membaca keseluruhan data yang tadi sudah diisi. Usahakan membaca seluruhnya dengan sangat teliti agar tidak ada keselahan.

Karena jika sudah terfinalisasi, semua pilihan tidak bisa diubah lagi. Jika peserta merasa sudah benar melakukan pengisian dan pengecekan. Langsung saja finalisasi data yang sudah terisi tadi.

Medownload Kartu Registrasi

Langkah terakhir yang harus kalian perhatikan lagi adalah pengunduhan kartu registrasi. Setelah melakukan pengunduhan pastikan sudah memilih tempat penyimpanan dengan benar. Setelah itu bisa langsung saja cetak kartu registrasi SNPB 2023 tersebut.

Itulah tadi penjelasan mengenai Cara Daftar SNBP dan juga beberapa persyaratan yang perlu siswa penuhi untuk mengikuti seleksi tersebut.


Rekomendasi

DMCA Protected