Cara Ganti Password Wifi Rumah dan Kantor Berbagai Merk

Cara Ganti Password Wifi Rumah dan Kantor Berbagai Merk
Cara Ganti Password Wifi Rumah dan Kantor Berbagai Merk

Jika kamu saat ini sedang menggunakan layanan wifi rumahan dan ingin mengganti password yang saat ini di gunakan, maka kamu bisa menyimak langkah – langkah Cara Ganti Password Wifi yang akan kami bagikan di bawah ini.

Wifi rumahan seperti Indihome, Biznet dan lain sebagainya umumnya memakai jenis Router yang sama yaitu merk ZTE. Nah, ada kala nya kamu memang harus mengganti password dari wifi yang terpasang di rumah, karena pasti sudah banyak orang yang menggunakan nya serta membuat sinyal internet jadi jelek.

Cara Ganti Password Wifi Menggunakan Laptop / PC

Cara pertama untuk mengganti password wifi adalah dengan menggunakan PC atau Laptop. Dengan bantuan perangkat ini maka kamu bisa dengan mudah melakukan proses pergantian password karena PC/Laptop memiliki ukuran layar yang besar.

Dengan menggunakan PC/Laptop seluruh langkah yang harus di lakukan saat ingin mengganti password Wifi akan jauh lebih mudah di lakukan. Berikut adalah langkah – langkah Cara Ganti Password Wifi dengan PC/Laptop.

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah “Menghubungkan” PC/Laptop yang kamu gunakan dengan “Sinyal Wifi” yang ingin kamu ubah password nya.
  • Selanjutnya kamu bisa membuka “Browser” apapun yang ada di PC/Laptop yang kamu pakai.
  • Jika sudah ketik kode “192.168.1.1” dan tekan enter, Kode tersebut adalah kode konfigurasi, setiap merk Router memiliki kode berbeda yang bisa kamu cek di bagian “Belakang Router“.
  • Selanjutnya kamu akan di minta untuk memasukan “User dan Password“, kedua hal tersebut juga umumnya di tuliskan di bagian belakan router.
  • Jika sudah masuk ke halaman beranda, maka kamu bisa klik “Network” yang terletak di bagian kiri.
  • Jika sudah silahkan cari opsi Wireless atau WLAN, lalu klik Setting atau Security lalu klik “Kolom Perubahan”.
  • Di sini kamu bisa memasukan Password wifi yang baru, ingat password harus terdiri dari minimal “8 Karakter” dan jika ingin lebih kuat maka kamu bisa menggabungkan “Huruf Besar/Kecil, Angka, dan Simbol Khusus”.
  • Jika kamu sudah mengetikan Password baru, maka selanjutnya kamu bisa klik tombol Submit.
  • Dan jika kamu sekalian ingin mengganti “Nama Wifi” maka kamu bisa pilih opsi Netword > WLAN > dan SSID Setting.
  • Jika sudah maka selamat, Password Wifi kamu sudah terganti.

Nah itulah cara mengganti password wifi menggunakan PC/Laptop, memang terlihat sedikit rumit dan memiliki banyak langkah, namun tenang saja karena dalam penerapan nya nanti kamu tidak akan merasa kesulitan sama sekali.

Cara Ganti Password Wifi Menggunakan Ponsel

Cara Ganti Password Wifi Menggunakan Ponsel
Cara Ganti Password Wifi Menggunakan Ponsel
Cara kedua yang bisa kamu gunakan saat ingin mengganti password wifi adalah dengan menggunakan ponsel. Memang ponsel di nilai simple untuk di gunakan dalam beberapa kebutuhan, namun kekurangan dari ponsel adalah layar nya yang cukup kecil.

Mungkin kamu akan sedikit di buat kesulitan dalam proses nya nanti, karena tampilan menu saat ingin mengganti pasword akan terlihat sangat kecil. Namun tetap saja semua fungsi nya akan sama seperti saat menggunakan PC/Laptop.

Nah di bawah ini kami sudah menyiapkan informasi lengkap dan detail mengenai Cara Ganti Password Wifi menggunakan ponsel. Silahkan kamu ikuti langkah demi langkah nya di bawah ini.

  • Sama seperti cara sebelum nya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah “Menghubungkan” ponsel yang kamu gunakan dengan “Sinyal Wifi” yang ingin kamu ubah password nya.
  • Langkah berikutnya kamu bisa membuka “Browser” apapun yang ada di Ponsel yang kamu pakai.
  • Jika sudah terbuka masukan kode “192.168.1.1” di dalam browser dan tekan oke, seperti yang di jelaskan di atas jika kode ini adalah kode konfigurasi, setiap merk Router memiliki kode berbeda yang bisa kamu cek di bagian “Belakang Router“.
  • Selanjutnya kamu harus inputkan “User dan Password“, kedua hal tersebut juga umumnya di tuliskan di bagian belakan Router.
  • Jika sudah masuk ke halaman beranda, maka kamu bisa klik “Network” yang terletak di bagian kiri.
  • Jika sudah silahkan cari opsi Wireless atau WLAN, lalu klik “Setting atau Security” lalu klik “Kolom Perubahan”.
  • Di sini kamu bisa memasukan Password wifi yang baru, ingat password harus terdiri dari minimal “8 Karakter” dan jika ingin lebih kuat maka kamu bisa menggabungkan “Huruf Besar/Kecil, Angka, dan Simbol Khusus”.
  • Jika kamu sudah mengetikan Password baru, maka selanjutnya kamu bisa klik tombol Submit.
  • Jika sudah maka selamat, Password Wifi kamu sudah terganti.

Di atas adalah langkah – langkah Cara Ganti Password Wifi dengan menggunakan ponsel, cara ini memang terlihat lebih simpel karena kamu tidak perlu membuka Laptop/PC terlebih dahulu.

Namun kami tetap menyarankan untuk menggunakan PC/Laptop jika ingin mengganti password wifi, karena seluruh opsi dan menu navigasi bisa kamu lihat dengan mudah jika menggunakan PC/Laptop.

Cara Ganti Password Wifi Dengan Aplikasi MyIndihome

Cara Ganti Password Wifi Dengan Aplikasi MyIndihome
Cara Ganti Password Wifi Dengan Aplikasi MyIndihome
Untuk kamu yang menggunakan layanan wifi Indihome, maka kamu di berikan kemudahan yang lebih dari pada penyedia wifi lainnya. Itu karena Indihome sudah menyediakan aplikasi yang bisa di pakai saat ingin mengganti password wifi.

Aplikasi ini bernama MyIndihome yang sudah jelas bisa kamu unduh di PlayStore atau AppStore, Dan langkah – langkah untuk mengganti password wifi menggunakan aplikasi MyIndihome adalah sebagai berikut.

  • Pertama kamu bisa unduh aplikasi “MyIndihome” di PlayStore atau AppStore terlebih dahulu.
  • Kemudian jika sudah terinstal “Buka Aplikasi” dengan perangkat ponsel yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya kamu bisa pilih menu “Ganti Password.
  • Lalu langkah berikutnya masukan “Password” baru yang ingin kamu terapkan.
  • Jika sudah sesuai, silahkan kamu klik tombol “Ganti Password.
  • Jika sudah sampai di tahap ini, maka kamu harus menunggu “SMS Notifikasi” yang akan di kirimkan ke nomor yang sebelum nya terhubung di aplikasi. SMS itu akan berisikan “Kode Verifikasi”.
  • Masukan kode sesuai dengan yang ada di sms ke dalam aplikasi MyIndihome.
  • Jika sudah maka password wifi kamu sudah berhasil di ganti.

Bagaimana mudah sekali bukan? dengan bantuan aplikasi seperti MyIndihome maka kamu sebagai pelanggan bisa dengan leluasa mengganti password wifi kapanpun kamu mau.

Apa itu Router

Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan dan mengalirkan data antara jaringan tersebut. Router menentukan jalur yang akan digunakan oleh data untuk mencapai tujuannya dan juga dapat mengelola jaringan yang terhubung dengannya.

Misalnya seperti mengontrol akses jaringan dan memberikan alamat IP ke perangkat yang terhubung. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke internet.

Meski sering kali ada orang yang menganggap jika router sama dengan modem, namun modem dan router adalah perangkat jaringan yang berbeda, meskipun keduanya sering digunakan bersama-sama untuk menyediakan akses internet di rumah atau kantor.

Modem adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang dapat diterima oleh komputer. Modem digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet melalui koneksi telepon atau kabel.

Sedangkan Router adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan dan mengalirkan data antara jaringan tersebut. Router dapat menentukan jalur yang akan digunakan oleh data untuk mencapai tujuannya dan juga dapat mengelola jaringan yang terhubung dengannya.

Secara ringkas, Router digunakan untuk membuat jaringan dalam satu lingkungan, misalkan di dalam satu rumah dan Modem digunakan untuk menghubungkan jaringan dengan internet.

User dan Password Router Berbagai Merk

User dan Password dari berbagai merk mungkin memiliki default masing – masing, umumnya akan di tuliskan di bagian belakang router itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa nama merek router dan user dan password default admin yang sering digunakan:

  • Cisco: user = admin, password = admin
  • D-Link: user = admin, password = admin
  • TP-Link: user = admin, password = admin
  • Linksys: user = admin, password = admin
  • Netgear: user = admin, password = password
  • Belkin: user = admin, password = admin

Perlu diingat bahwa beberapa router mungkin memiliki pengaturan default yang berbeda, dan beberapa juga mungkin telah diubah oleh pengguna sebelumnya. Jika kamu tidak dapat masuk dengan kombinasi user/password di atas, cobalah untuk mencari informasi di dokumentasi atau situs web dukungan produk router yang kamu punya.

Mengapa Kamu Harus Mengganti Password Wifi Secara Berkala?

Mengganti password wifi secara berkala sangatlah penting untuk di lakukan karena dapat membantu kamu untuk menjaga keamanan jaringan yang kamu punya. Karena dengan mengganti nya secara berkala maka orang lain akan kesulitan untuk masuk ke jaringan wifi yang kamu punya.

Jika password wifi kamu tidak diubah secara berkala, orang lain mungkin dapat mengetahui password tersebut dan menggunakan jaringan wifi tanpa izin. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja jaringan dan meningkatkan risiko keamanan, seperti pencurian identitas atau data pribadi.

Hal yang paling sepele jika kamu tidak sering mengganti password wifi adalah akan ada banyak pengguna yang tidak kamu ketahui dan membuat jaringan internet kamu menjadi lemot.

Selain itu, jika password wifi kamu diubah secara berkala, kamu bisa yakin bahwa hanya orang yang kamu percayai yang memiliki akses ke jaringan kamu. Jadi seluruh aktifitas internet kamu bisa aman dari hal yang tidak di inginkan.

Nah itulah informasi lengkap mengenai Cara Ganti Password Wifi dan sedikit penjelasan mengenai Router. Dengan mengetahui Cara Ganti Password Wifi maka kamu akan terhindar dari hal – hal yang merugikan kamu sebagai pelanggan wifi rumahan.


Rekomendasi

DMCA Protected