Cara Mengatasi HP Panas dan Mati Sendiri Saat Main Game

lotteria.id – Simak cara mengatasi HP panas saat digunakan. Setiap pengguna handphone sepertinya pernah mengalami panas berlebih atau overheat. Terlebih jika menggunakan HP dengan intensitas yang cukup pagi.

Saat HP sudah terasa panas, tentunya sudah tidak nyaman lagi bukan untuk digunakan. Ada baiknya setelah HP terasas panas untuk tak melanjutkan kegiatan bermain HP. Sebab, hal tersebut justru memicu panas yang berlebih dan bisa terjadi ledakan pada HP lho.

Beberapa smartphone sudah ada dilengkapi dengan fitur pendingin. Akan tetapi, hal itu tetap tak menutup kemungkin terjadinya overheat pada HP yang digunakan. Sehingga, tak ada salahnya untuk menerapkan tutorial atau cara mengatasi HP panas atau overheat.

Lantas, jika HP sudah mulai panas bahkan dengan suhu panas yang berlebih, apa yang harus dilakukan? Ada beberapa cara mengatasi HP panas di Samsung, Oppo, Xiaomi, hingga iPhone. Simak cara-caranya di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Panas dan Lemot Saat Dicas

Cara Mengatasi HP Panas dan Lemot Saat Dicas

1. Pakai Baterai Original

Saat ini, sebagian besar HP telah menggunakan baterai tanam di dalam produksinya. Namun, saat kualitas baterai mulai menurun, sebaiknya mengganti baterai yang rusak dengan baterai baru dengan kualitas original.

Hal ini penting dilakukan dalam cara mengatasi HP panas. Harga baterai kualitas original memang mahal. Akan tetapi, kualitas yang dimiliki baterai original lebih baik dari baterai murah yang kerap panas dan cepat rusak.

2. Download Aplikasi Seperlunya

Salah satu penyebab handphone menjadi panas adalah pemakaian atau pengunduhan aplikasi yang berlebih. Meski kini banyak smartphone didukung dengan RAM yang tinggi, namun potensi HP cepat panas kemungkinan sangat besar terjadi jika dibiarkan. Pemakaian banyak aplikasi juga bisa menjadi salah satu penyebab HP sering hang dan panas berlebihan.

Oleh karena itu cara mengatasi HP panas yang kedua kamu harus mengurangi kapasitas RAM yang berlebih, bisa dengan menguninstal aplikasi yang tidak terpakai, foto ataupun video.

3. Lepas Cover atau Case Pelindung

Jika HP dalam keadaan panas, segera buka cover atau case pelindung, terlebih saat mengisi daya. Cover pelindung menjadi salah satu hal penting agar HP terhindar dari goresan. Akan tetapi, cover atau case perlu dilepas saat mengisi daya agar suhu HP tak panas.

4. Isi Daya Baterai Secukupnya

Beberapa HP telah memiliki fitur memutus arus listrik disaat pengisian daya baterai mencapai 100 persen. Kebiasaan mengisi daya hingga 100 persen dan membiarkannya juga kurang baik, hal tersebut bisa membuat HP cepat panas.

Sebaiknya, jika daya HP mencapai 100 persen bisa langsung mencabut kabel pengisi daya. Pengisian daya dengan waktu sebentar hingga penuh dan dilakukan secara berulang, bahkan lebih dianjurkan daripada mengisi daya dari kondisi nol persen. Hal tersebut mengurangi penggunaan HP saat mengisi daya. Sebab, memainkan HP saat mengisi daya memicu terjadinya overheat.

5. Letakkan HP di Tempat dengan Sirkulasi Udara yang Bagus

Cara mengatasi HP panas untuk meletakkan ponsel di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus, atau pada kondisi ruangan ber-AC. Hal ini akan berdampak kepada kualitas ponsel. Sebaiknya, hindari menyimpan ponsel di bawah bantal atau di atas Kasur. Selain bisa meningkatkan suhu panas, hal itu juga berpotensi membuat HP rusak karena tertindih saat tidur.

6. Biarkan Lubang pada ChargerTerbuka

Cara mengatasi HP panas lainnya adalah dengan membiarkan lubang charger terbuka. Memang saat ini beberapa ponsel atau case HP telah memiliki penutup lubang charger dan ada sertifikasi tahan air. Lebih baik untuk membiarkannya tetap terbuka, agar menghindari kurangnya udara yang masuk ke dalam perangkat.

7. Kurangi Menonton yang Lama di HP

Ketika menonton film, drama Korea, ataupun tayangan di YouTube biasanya akan memakan waktu yang lama. Namun, hal ini seharusnya dikurangi karena bisa mempercepat naiknya suhu pada HP. Sebab, ketika menonton video akan memerlukan RAM yang tinggi dan data yang besar.

8. Matikan HP

Cara mengatasi HP panas terakhir adalah dengan mematikan HP yang mengalami panas berlebih. Saat mematikan HP di konsidi suhu panas, maka seluruh proses yang berjalan akan otomotis terhenti. Dan hal ini bisa dengan cepat menurunkan panas di HP. Mematikan HP juga bisa mengembalikkan performa aplikasi HP yang awalnya mulai lemot menjadi lancar kembali.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara mengatasi HP panas di Samsung, Xiaomi, Oppo hingga iPhone. Semoga membantu ya.

Baca juga: