Cara Menghitung Usia Kehamilan Online Manual Dari HPHT!

lotteria.id – Untuk yang memang belum tahu bagaimana cara menghitung usia kehamilan bisa menyimak pembahasan yang ada di dalam artikel ini. Pasalnya mengetahui usia kehamilan itu sangat penting agar bisa menjaga kesehatan dan juga memantau pertumbuhan janin.

Memang biasanya saat melakukan tes menggunakan tes pack dan mendapatkan hasil garis dua, pastinya akan langsung ingin mengetahui sudah berapa lama usia kandungannya. Kalau sudah mengetahuinya akan bisa lebih tenang dan juga lebih senang lagi.

Namun, jangan khawatir, untuk yang ingin melakukan pengecekan atau penghitungan usia kandungan ada beberapa cara yang nantinya bisa dilakukan. Supaya bisa lebih jelas lagi, bisa simak tutorial kami yang ada di bawah ini.

Beberapa Cara Menghitung Usia Kehamilan Manual

Beberapa Cara Menghitung Usia Kehamilan Manual

Sudah kami sampaikan di atas kalau untuk menghitung usia kehamilan tau kandungan ini sangat-sangatlah mudah. Namun memang untuk yang baru pertama merasakan kehamilan pastinya masih bingung dan belum tahu harus berbuat bagaimana. Nah, kalau begitu jangan risau, pasalnya kami akan sampaikan pembahasan dan cara-cara melakukan penghitungannya.

Untuk menghitung usia kehamilan ini juga ada beberapa caranya, seperti melakukan USG di dokter, menghitung berdasarkan hari pertama haid terakhir, mengukur tinggi fundus dan lainnya. Memang banyak sekali cara-caranya, namun kami hanya akan sampaikan tiga cara yang banyak orang lakukan dalam artikel kali ini.

Maka dari itu, untuk memudahkan pembaca dalam melakukan penghitungan kehamilannya, kami akan sampaikan beberapa cara menghitung usia kehamilan di bawah ini. Bisa langsung melakukan penghitungan usia kehamilan dengan cara-cara berikut ini.

Baca Juga  Download Video Pinterest Apk di iPhone & Android Gratis

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Melakukan USG

Jika ingin melakukan penghitungan usia kandungan, maka cara menghitung usia kehamilan yang pertama kali akan bisa dilakukan adalah pemeriksaan USG. Dengan melakukan pemeriksaan USG ini nantinya usia kandungan atau usia kehamilan akan bisa terlihat. Apalagi kalau pemeriksaannya ini kamu lakukan saat pertama kali mengetahui kehamilannya.

Untuk melakukan USG bisa melalui dokter atau bidan. USG atau Ultrasonografi ini memiliki dua metode, yaitu Ultrasonografi Transvaginal dan Ultrasonografi Biparietal Diameter. Kedua metode ini tentunya akan memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Kalau Ultrasonografi Transvaginal dilakukan untuk mengukur panjang janin mulai dari kepala hingga pantat. Informasi yang keluar dari hasil USG Tranvaginal ini adalah untuk memperkirakan HPL dan usia janin tentunya. Biasanya USG metode ini bisa pembaca lakukan di usia 9 minggu sampai 13 minggu kehamilan.

Nah, kalau Ultrasonografi Biparietal Diameter ini memberikan informasi tentang ukuran dari diameter tengkorak janin. Bahkan metode yang satu ini diklaim akan lebih akurat daripada cara-cara yang lainnya.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dari HPHT

Kalau metode yang kedua ini adalah metode untuk menghitung kehamilan dengan cara melihat hari pertama haid terakhir. Jadi, nantinya metode ini akan menghitung usia kehamilan melalui perhitungan terjadinya haid terakhir. Namun, untuk metode yang satu ini, nantinya harus diketahui secara pasti kapan hari pertama haid terakhir tersebut.

Pasalnya kalau salah perkiraan nantinya hasilnya juga akan melenceng jauh dan kurang akurat. Untuk cara menghitung usia kehamilan dari HPHT atau hari pertama haid terakhir ini akan sangat bagus untuk wanita yang memiliki siklus haid 28 hari. Untuk perhitungannya bisa menggunakan cara-cara di bawah ini.

  • Catat terlebih dahulu kapan tanggal hari pertama haid terakhir yang terjadi. Usahakan sebisa mungkin untuk akurat.
  • Kemudian, bisa tambahkan satu tahun.
  • Setelah itu, tambahkan kembali dengan 7 hari.
  • Jika sudah, mundurkan 3 bulan.
Baca Juga  Tips Cowok Cool dan Misterius Agar Disukai Banyak Cewek

Contoh : Misalnya hari pertama haid terakhir (HPHT) jatuh di tanggal 2 Desember 2022, maka perhitungannya akan seperti ini :

  • 2 Desember 2022 + 1 tahun = 2 Desember 2023
  • 2 Desember 2023 + 7 hari = 9 Desember 2023
  • 9 Desember 2023 – 3 bulan = 9 September 2023

Jadi, dengan HPHT yang jatuh di tanggal 2 Desember 2022, maka hari kelahirannya diperkirakan akan terjadi di tanggal 9 September 2023.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa Haid Terakhir

Selain ada kedua cara yang di atas, maka akan ada satu cara lagi untuk bisa menghitung usia kehamilannya. Cara menghitung usia kehamilannya ini akan bisa dilakukan dengan cara mengukur tinggi fundus. Memang cara ini juga banyak orang lakukan ketika lupa akan HPHT-nya.

Cara menghitung usia kehamilan mengukur fundus ini nantinya akan bisa memberikan informasi dengan cara ukuran tinggi fundus dalam centimeter itu akan sama dengan usia kehamilan dengan satuan minggu.

Nah, itulah beberapa cara menghitung usia kehamilan dengan tiga cara yang berbeda. Jika ingin mengukur usia kehamilannya bisa memilih mana cara yang sekiranya lebih pembaca percaya memberikan hasil yang akurat.

Kenapa Harus Mengetahui Usia Kehamilan?

Kenapa Harus Mengetahui Usia Kehamilan?

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang kenapa harus mengetahui usia kehamilan? Maka akan mendapatkan jawabannya di dalam pembahasan bagian satu ini. Kami akan memberikan beberapa penjelasan secara singkat tentang pentingnya mengetahui usia kehamilan di bawah ini.

Supaya Bisa Memperkirakan Hari Persalinan

Pentingnya untuk mengetahui usia kehamilan yang pertama ini adalah supaya bisa memperkirakan hari persalinan si bayi. Pasalnya kalau tidak mengetahui hari persalinannya nanti bisa-bisa mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, kalau sudah mengetahui usia kehamilannya, maka dokter juga nantinya akan bisa menentukan apakah bayi yang ada di dalam kandungan ini akan lahir lebih lambat dari yang semestinya atau malah lebih cepat atau biasa disebut dengan prematur.

Baca Juga  Apakah TikTok Menghasilkan Uang Seperti Youtube, Simak!

Bisa Menentukan Jadwal Tes Kandungan

Setelah mengetahui usia kehamilan, nantinya bisa memudahkan dokter untuk menentukan jadwal tes kandungannya. Karena dengan mengetahui kapan jadwal tes kandungannya ini, akan bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya kandungan akan bisa terkontrol dengan sangat baik dan memperkecil kemungkinan terjadi hal-hal yang kurang kita inginkan.

Memudahkan Dalam Menentukan Metode Persalinan

Pentingnya mengetahui usia kandungan yang terakhir ini adalah untuk memudahkan dalam menentukan metode persalinan. Jika ingin melakukan persalinan normal dan usia kandungannya melewati dari yang semestinya tetapi belum ada tanda-tanda lahiran, maka nantinya akan bisa diperiksa lebih lanjut.

Kalau ingin melakukan metode persalinan caesar, maka akan bisa memperkirakan kapan kelahiran yang pas dengan melihat usia kandungannya. Maka dari itu, sangat penting sekali mengetahui usia kehamilan untuk ibu dan bayi yang ada di dalam kandungannya.

Karena itu lah bagi pasangan suami istri begitu penting mengetahui cara menghitung usia kehamilan, karena caranya sudah kami bagikan diatas oleh karena itu tidak perlu lagi bingung ya.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar