Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online Tanpa Ribet 2023

Jika ingin melakukan cek tagihan listrik PLN, sekarang ini sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tidak perlu pergi ke kantor PLN atau kemana pun. Pasalnya sudah bisa kita lakukan secara online. Nah, bagi yang memang belum mengetahui cara untuk mengecek tagihan listriknya simak pembahasan ini.

Tidak habisnya dibicarakan, perkembangan teknologi yang sekarang ini semakin pesat dan membuat banyak hal bisa kita lakukan dengan mudah. Jika dahulu kalau ingin melakukan sesuatu haruslah melakukannya ke tempat resmi langsung, maka sekarang ini tidak perlu lagi seperti itu.

Semua hal sudah bisa kita lakukan secara online. Seperti pembahasan skda.co.id kali ini. Kami akan sampaikan pembahasan mengenai cara pengecekan tagihan listrik PLN dengan cara online. Nah, untuk yang memang belum tahu langkah-langkahnya dan menggunakan alat apa saja, bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Cek Tagihan Listrik PLN Online Dengan Praktis

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas kalau ingin melakukan pengecekan tagihan listrik sekarang ini mudah saja. Bisa melakukan pengecekannya secara online menggunakan berbagai macam alat. Namun, memang cara pengecekan ini masih jarang orang-orang ketahui.

Oleh karena itu, supaya bisa melakukan pengecekannya secara mandiri dan mudah kami akan sampaikan beberapa caranya. Bukan hanya satu saja, tetapi ada beberapa cara seperti melalui aplikasi PLN, via SMS dan call center serta menggunakan website resminya.

Maka dari itu, supaya bisa melakukan pengecekannya sebelum proses pembayarannya ini. Simak beberapa langkah di bawah ini. Akan ada penjelasan secara detail dan juga lebih jelasnya lagi.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Melalui PLN Mobile

Untuk melakukan pengecekan yang pertama ini, bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi yang satu ini memang sudah bisa calon pengguna temukan di platform resmi. Seperti Google Play Store dan App Store di perangkat masing-masing. Untuk melakukan penginstalannya juga mudah dan gratis.

Selain itu, untuk melakukan pengecekannya juga sangatlah mudah. Tidak akan membuat pengguna kesusahan karena memang di dalam aplikasinya ini tersedia tampilan yang sangat-sangat sederhana. Untuk lebih memudahkannya lagi, simak pembahasan mengenai cara pengecekan tagihan listrik di bawah ini.

  1. Buka aplikasi PLN Mobile yang sudah terdownload di perangkat.
  2. Saat pertama kali menggunakan aplikasinya bisa langsung lakukan pendaftaran dengan klik Daftar.
  3. Langsung Isi data yang diperlukan untuk melakukan daftar aplikasinya. Seperti nomor handphone, nama, nomor meter, ID pelanggan, dan lainnya.
  4. Setelah semua terisi dengan benar nanti proses pendaftaran akan selesai.
  5. Masuk ke Dashboard aplikasinya.
  6. Klik Informasi.
  7. Akan muncul informasi lengkap mengenai tagihan listrik yang sesuai dengan nomor meter listrik yang tercantum saat pendaftaran tadi.

Untuk melakukan pengecekan dengan aplikasi harus memiliki internet. Pasalnya pengecekan tagihan listrik ini nantinya akan pengguna lakukan secara online.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Melalui SMS

Cara kedua yang akan bisa pembaca lakukan untuk mengecek tagihan listrik adalah melalui SMS. Untuk melakukan pengecekannya ini akan sama saja seperti mengirimkan SMS biasa. Namun, nanti nomor tujuannya khusus dan resmi dari PLN. Ingin tahu bagaimana cara melakukan pengecekannya ini?

Kami akan sampaikan langkah-langkah yang lengkap di bawah ini. Untuk melakukan pengecekan hal yang harus kamu persiapkan adalah pulsa. Jadi kalau tidak ada pulsa nanti caranya tidak akan berhasil. Simak selengkapnya langkah untuk mengecek tagihan listrik dengan SMS.

  1. Langsung saja buka menu perpesanan di dalam perangkat.
  2. Pilih buat pesan baru atau tanda tambah (+).
  3. Ketik REK + Nomor ID dan kirimkan ke 8123. Contoh REK 7865789809.
  4. Setelah itu, akan mendapatkan balasan yang isinya informasi mengenai tagihan listrik PLN yang harus pengguna bayarkan.

Cara Langganan Informasi Tagihan Listrik

Kalau memang takut lupa untuk mengecek tagihan listrik setiap bulannya, maka bisa langsung saja menggunakan langganan informasi tagihan listriknya tersebut. Ya, ada cara-cara yang nantinya akan bisa pengguna lakukan untuk berlangganan. Di bawah ini cara yang akan bisa pengguna lakukan untuk berlangganan.

  1. Langsung saja buka menu perpesanan di dalam perangkat.
  2. Pilih buat pesan baru atau tanda tambah (+).
  3. Ketikkan format SMS PLN <Spasi> ON <Spasi> ID Pelanggan. Contoh PLN ON 786578980919.
  4. Kalau sudah, langsung kirim ke 8123.
  5. Selesai, nanti akan bisa langsung memberikan informasi tagihan listrik setiap bulannya kepada pelanggan tanpa perlu melakukan pengecekan kembali.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Dengan Website Resmi PLN

Selain menggunakan aplikasi, untuk melakukan pengecekan tagihan listrik bisa menggunakan website resmi dari PLN. Memang sejatinya layanan yang satu ini hampir sama dengan layanan di aplikasi. Maka dari itu, bagi yang memiliki sisa ruang penyimpanan sedikit, bisa gunakan website resminya ini.

Jika sudah tidak sabar ingin langsung mengetahui tentang cara-cara menggunakannya, bisa simak saja langkah-langkah yang ada di bawah ini. Kami akan sampaikan cara mengecek tagihan listrik PLN dengan website resminya secara mudah dan cepat.

  1. Lakukan akses Browser di perangkat yang ada.
  2. Kemudian, langsung membuka situs resmi PLN, yaitu https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik.
  3. Saat pertama kali menggunakan situsnya bisa langsung lakukan pendaftaran dengan klik Daftar.
  4. Langsung Isi data yang diperlukan untuk melakukan daftar akun. Seperti nomor handphone, kode captcha, nama, email, nomor meter, ID pelanggan, dan lainnya.
  5. Jika sudah klik Daftar.
  6. Situs akan mengirimkan kode verifikasi melalui email yang terdaftar.
  7. Setelah mendapatkan kodenya, langsung masukkan kode verifikasi dan akun sudah terbuat.
  8. Langsung saja masuk ke dalam akun menggunakan password dan email yang tercantum di proses daftar akun tadi.
  9. Setelah berhasil terbuka, akan langsung muncul informasi mengenai tagihan listrik PLN pengguna.

Untuk menggunakan website resmi ini harus memiliki jaringan internet yang kencang dan stabil. Pasalnya kalau jaringan internet yang dimiliki tidak stabil maka proses pengecekannya tidak akan berhasil.

Mengecek Tagihan Listrik Dengan Call Center

Cara terakhir yang akan bisa dilakukan adalah melakukan pengecekan tagihan listrik dengan call center. Memang cara ini merupakan yang biasanya digunakan oleh orang yang ingin simple-simple saja. Pasalnya hanya dengan menelpon call center nantinya sudah bisa dapatkan informasi.

Namun, jika masih bingung bagaimana cara menggunakan atau melakukan cek tagihan listrik dengan call center ini, bisa simak pembahasan di bawah ini. Pasalnya akan ada nomor call center yang bisa pengguna hubungi nantinya.

  1. Masuk ke dalam menu panggilan di perangkat.
  2. Hubungi langsung call center PLN dengan mengetikkan 123.
  3. Setelah tersambung dengan call center PLN, akan diminta memberi tahu ID Pelanggan PLN. Sebutkan ID pelanggan dengan benar dan jangan sampai salah.
  4. Setelah itu, ikuti instruksi selanjutnya.
  5. Jika sudah selesai, maka informasi tagihan PLN akan diberikan kepada penelpon.
  6. Selesai.

Baca Artikel Serupa Lainnya :


Rekomendasi

DMCA Protected