Contoh Bank Sentral di Dunia Beserta Fungsi dan Tugasnya

Untuk pembaca yang ingin mencari tahu tentang contoh Bank Sentral, maka disini skda.co.id akan sampaikan pembahasan mengenai Bank Sentral ini. Kalau begitu, langsung saja bisa simak pembahasan mengenai Bank Sentral yang ada di bawah ini. Sudah penasaran kan?

Di zaman yang sudah serba canggih ini, kita akan bisa menemukan banyak sekali hal-hal yang ingin diketahui. Baik informasi tentang berita viral sampai ilmu pengetahuan bisa ditemukan dengan sangat mudah. Apalagi sekarang ini sudah ada internet yang akan bisa membantu dalam proses pencariannya tersebut.

Seperti pembahasan yang ada kali ini, yaitu tentang Bank Sentral. Maka dari itu, langsung saja simak pembahasan mengenai ilmu pengetahuan yang ada disini. Akan ada pembahasan yang sangat lengkap mengenai contoh dan fungsi dari Bank Sentral di bawah ini.

Penjelasan Mengenai Bank Sentral

Sudah disampaikan di atas, kalau dalam artikel ini akan memberikan pembahasan tentang Bank Sentral. Langsung saja simak penjelasan mengenai Bank Sentral yang ada di bawah ini.

Bank Sentral adalah salah satu lembaga yang ada di suatu negara untuk mengeluarkan alat pembayaran yang akan digunakan oleh seluruh warga negara sebagai alat pembayaran yang sah. Selain itu, lembaga ini juga bertugas untuk mengatur, merumuskan dan juga melaksanakan dari kebijakan moneter.

Tidak hanya itu, Bank Sentral ini juga akan menjalankan tugasnya sebagai LoLR atau kepanjangannya adalah Lender of Last Resort. Untuk sebuah negara, adanya Bank Sentral ini akan menjadikan simbol dari kedaulatan ekonomi dan moneter di negaranya tersebut.

Bank sentral di suatu negara ini juga merupakan pemegang dari kewenangan atas pelaksanaan moneter di negaranya tersebut. Menurut undang-undang, bank sentral ini sudah diatur untuk memiliki otoritasnya sendiri. Seperti yang tertulis di dalam UU No. 23 Tahun 1999 yang berbunyi bank sentral merupakan suatu lembaga yang independen / mandiri, bebas dari campur tangan pihak lain maupun pemerintah kecuali untuk hal-hal yang sudah diatur dalam undang-undang.

Sudah jelas kan berarti kalau bank sentral ini merupakan bank yang tidak akan ada campur tangan dari pihak manapun, baik pemerintah dan juga lainnya. Bank sentral juga memiliki tujuan untuk menstabilkan dan menjaga nilai dari mata uang di suatu negara tersebut.

Jadi, sebisa mungkin nilai dan mata uang negara tidak mengalami penurunan terhadap valuta asing dan tetap stabil. Sudah jelas kan penjelasan yang diberikan tentang bank sentral ini? Jika memang begitu, bisa simak pembahasan mengenai bank sentral di bagian lainnya.

Contoh Bank Sentral di Dunia Yang Harus Diketahui

Supaya kamu lebih mengetahui tentang bank sentral ini, maka bisa menyimak contoh bank sentral yang akan kami berikan disini. Memang, bank sentral ini bukan hanya ada di negara Indonesia saja, tetapi ada di seluruh dunia. Jadi, agar pengetahuan semakin luas, disini akan diberikan contoh bank sentral dari seluruh dunia.

  • Bank Indonesia berada di Negara Indonesia.
  • Saudi Arabian Monetary Agency berada di Negara Arab Saudi.
  • Banko Sentral Ng Pilipinas berada di Negara Filipina.
  • Bank Markazi Iran berada di Negara Iran.
  • Federal Reserve Bank berada di Negara Amerika Serikat.
  • Bank of Korea berada di Negara Korea.
  • Banco Central do Brasil berada di Negara Brasil.
  • Bank of Jepang berada di Negara Jepang.
  • European Central Bank berada di Negara Uni Eropa.
  • Reserve Bank of Australia berada di Negara Australia.
  • Bank Negara Malaysia berada di Negara Malaysia.
  • Monetary Authority of Singapore berada di Negara Singapura.

Macam-Macam Fungsi Dari Bank Sentral

Setelah mengetahui beberapa contoh bank sentral yang ada di berbagai negara, maka sekarang harus mengetahui juga apa saja fungsi dari bank sentral ini. Kan pastinya masih penasaran ya apa saja fungsi adanya bank sentral yang ada tersebut? Maka dari itu, langsung saja simak beberapa fungsi dari bank sentral yang ada di sebuah negara.

Sebagai Bank Dari Semua Bank

Fungsi yang pertama dari bank sentral ini adalah sebagai bank dari semua bank yang ada di negaranya. Ya, pasalnya dari berbagai negara yang ada di negaranya, bank sentral ini menjadi bank yang paling besar dan juga sebagai induknya kalau bisa dibilang.

Jadi, nanti ketika bank yang lainnya ini mencari pinjaman ketika bank mengalami kesulitan dalam likuiditasnya, maka bank ini akan meminjam di bank sentral. Maka dari itu, bank sentral ini menjadi bank yang sangat penting di suatu negara.

Melakukan Perisetan Untuk Ekonomi

Fungsi untuk bank sentral yang kedua adalah bank sentral melakukan riset untuk kesejahteraan ekonomi di negaranya. Riset yang dilakukan ini juga meliputi tentang perkembangan yang terjadi di dalam sektor moneter seluruh dunia. Tentunya riset ini dilakukan untuk mencapai tujuan dari bank sentral ini.

Untuk bisa mencapai dan meraih tujuan yang ada dari bank sentral ini, maka harus melakukan kebijakan moneter ini secara transparan, konsisten, berkala dan juga memperhatikan kebijakan lainnya. Terutama kebijakan yang ada di dalam bidang ekonomi.

Menjadi Agen Fiskal Untuk Negara

Fungsi dari bank sentral yang ketiga adalah menjadi agen fiskal untuk negara dimana tempat bank tersebut berada. Pastinya bank ini akan memiliki fungsi yang berkaitan dengan ekonomi, seperti memberikan bantuan kepada pemerintah untuk mengelola semua masalah transaksi yang terjadi.

Tidak hanya itu saja, bank sentral ini juga bisa menjadi penasihat tentang hal-hal atau masalah yang terjadi terkait ekonomi di pemerintah. Bank sentral juga bisa memberikan pinjaman dan melakukan penyimpanan aset-aset yang berkaitan dengan keuangan milik pemerintah.

Pihak Yang Menetapkan Dan Melaksanakan Kewajiban Moneter

Selain ketiga fungsi yang di atas, masih ada lagi fungsi dari bank sentral yang keempat, yaitu untuk menetapkan dan juga melaksanakan kewajiban moneter yang terjadi di negaranya. Seperti melakukan pengendalian tentang jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Pasalnya pengendalian jumlah uang yang beredar ini harus dilakukan agar kestabilan dan juga peningkatan moneter bisa terjadi. Jika pendalian uang ini bisa terkendali dengan baik, maka nantinya pertumbuhan ekonomi yang terjadi dan juga tingkat inflasi yang ada bisa tetap aman.

Melakukan Penilaian Terhadap Kesehatan Bank

Fungsi dari bank sentral yang kelima atau yang terakhir ini adalah melakukan penilaian terhadap kesehatan di berbagai bank. Tentunya bank sentral ini akan melakukan pengawasan terhadap bank yang ada di negaranya, evaluasi, dan juga pembinaan dalam bidang perbankan.

Nah, hal yang dinilai terhadap bank-bank yang ada ini antara lain, memberikan batas maksimum untuk pemberian dari kartu kredit, penilaian untuk rasio dari kecukupan modal yang ada, dan juga jaminan dalam pemberian kartu kredit. Bagaimana sudah paham kan tentang bank sentra ini?


Rekomendasi

DMCA Protected