Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Lengkap PDF dan Word

Artikel Menarik Sadar Kaya Dunia Akhirat
Artikel Menarik https://www.skda.co.id

Untuk kamu yang sudah terjun ke dunia organisasi, pastinya saat ingin melakukan kegiatan, kamu harus membuat proposal terlebih dahulu ya. Bukan kah benar? Namun, untuk kamu yang baru pertama dalam membuat proposal, maka kami akan sampaikan ke kamu contoh proposal kegiatan yang bisa kamu buat.

Memang ya jika kita ingin membuat dokumen-dokumen yang penting gini, pastilah kita akan mencari referensinya terlebih dahulu. Pasalnya kalau tidak melihat referensi bagaimana kita bisa membuatnya dengan baik, ya. Namun, kalau di era sekarang ini dimana semua halnya sudah banyak di internet, jadi kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mencarinya.

Seperti saja di dalam artikel ayovaksindinkeskdi.id kali ini. Dimana nantinya kamu akan bisa mendapatkan banyak halnya gitu lho ya. Terutama kali ini kami akan sampaikan ke kamu pembahasan mengenai proposal kegiatan yang sangat rinci dan juga lengkap, ya.

Kamu nantinya harus menyimak pembahasan yang ada kali ini dengan seksama dan juga benar-benar, ya. Kan untuk membuat proposal kamu harus tahu dahulu apa saja sih hal-hal yang bisa didapatkan nantinya. Bukan kah benar seperti itu? Oke, kalau begitu, kita langsung saja masuk ke pembahasannya.

Penjelasan Lengkap Mengenai Proposal Kegiatan

Hal pertama yang harus kamu ketahui dari proposal kegiatan ini adalah penjelasannya. Ingin mengetahuinya kan pasti? Kalau begitu jangan lewatkan pembahasan kami yang satu ini lho ya. Semua halnya akan dibahas secara tuntas, oke tidak?

Proposal kegiatan merupakan salah satu dokumen yang biasa digunakan untuk membuat rancangan suatu kegiatan ya. Di dalam proposal kegiatan ini nantinya akan berisi banyak sekali rincian-rincian tentang kegiatannya. Mulai dari hal yang akan dilakukan sampai berbagai macam rincian lainnya.

Biasanya kegiatan yang harus dibuat proposalnya ini adalah kegiatan yang berhubungan dengan instansi tertentu. Atau kalau kamu merupakan anak organisasi, pastinya kamu harus tahu dong ya untuk membuat suatu kegiatan kamu harus membuat proposalnya dahulu.

Tidak hanya untuk menjelaskan rincian kegiatannya saja lho ya, tetapi proposal kegiatan ini merupakan salah satu dokumen yang bisa juga digunakan untuk meminta bantuan dana. Misalkan kamu ingin mengadakan acara dan kamu membutuhkan sponsor, maka nantinya kamu akan bisa langsung membuatnya di proposal kegiatan ini.

Seperti yang sudah ayovaksindinkeskdi.id katakan, kalau kamu ingin membuat proposal ini nantinya kamu harus membuatnya dengan benar. Karena kan nantinya proposal ini akan ditunjukkan kepada pihak-pihak yang memang sudah ditentukan gitu, ya. Atau kalau bisa dibilang pihak yang lebih tinggi.

Baca Juga  Contoh Soal PAS PKN Kelas 12 Semester 2 K-13 dan Jawabannya

Membuat proposal yang baik ini juga nantinya akan berguna saat kamu meminta untuk pencairan dana kepada sponsor dengan mudah. Kalau proposal kamu sudah profesional atau baik dan benar kan nantinya jadi enak, ya sponsor akan menghargainya dan memberikannya.

Namun, kalau proposal yang kamu buat ini asal-asalan, ya bagaimana nanti sponsor akan menghargainya. Oleh karena itu, kamu harus banget mengusahakan untuk membuat proposal yang baik dan benar, ya. Bagaimana kalau kita langsung masuk ke pembahasan yang lainnya juga?

Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Pembuatan Proposal Kegiatan

Kalau di atas tadi, kami sudah sampaikan ke kamu apa itu proposal atau pengertian dari proposalnya maka sekarang kami akan sampaikan ke kamu manfaatnya. Seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu kalau proposal ini memang salah satu dokumen yang bisa dibilang resmi, ya.

Jadi, kalau kamu membuatnya ya haruslah yang profesional supaya orang yang melihatnya juga bisa lebih enak gitu, ya. Mungkin kamu selama ini hanya membuat-membuat proposalnya saja kan ya. Kamu belum mengetahui apa sih sebenarnya manfaat dari proposalnya ini.

Maka dari itu, disini kami akan sampaikan ke kamu apa saja sih manfaat dari proposal yang kamu buat ini. Kan kalau sudah mengetahui manfaat dari proposalnya kamu akan lebih berhati-hati dalam pembuatannya ini. Bukan kah begitu? Berikut ini adalah manfaat dari proposalnya ya.

Proposal bisa digunakan sebagai alat yang menjelaskan kepada pihak-pihak yang memang ingin mengetahui kegiatan yang diadakan tersebut secara tidak langsungnya.

Di dalam proposal terdapat rencana-rencana kegiatan yang nantinya akan bisa mengarahkan panitia dalam melakukan hal di kegiatannya tersebut.

Memudahkan penyelenggara kegiatan supaya bisa mengadakan acara dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Bisa juga dimanfaatkan untuk menyakinkan para sponsor supaya bisa memberikan dukungan finansial di kegiatan yang diselenggarakan.

Cara Membuat Proposal Kegiatan Dengan Struktur Lengkap Baik Dan Benar

Nah, sudah paham kan apa saja yang nantinya akan bisa kamu dapatkan dari membuat proposal kegiatan yang baik dan benar? Kalau memang seperti itu, pastinya sekarang kamu ingin membuat proposal yang sesuai dengan struktur dan juga lengkap ya.

Kami juga akan memberikan ke kamu bagaimana sih cara untuk membuat proposalnya tersebut. Jadi, nantinya kami akan sampaikan ke kamu struktur dari proposalnya dan juga cara membuatnya ya. Jadi, kamu bisa langsung menyimaknya di bawah ini, ya.

Membuat Nama Kegiatan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu bisa membuat nama kegiatan. Dalam nama kegiatan yang akan kamu adakan, kamu bisa membuat nama yang sekreatif mungkin ya. Karena orang-orang akan melihat pertama kali nama kegiatannya lho ya dari proposal itu.

Baca Juga  Pengertian Debat,Tujuan,Unsur, Jenis dan Contoh

Jadi, kalau kamu membuat nama yang menarik untuk dilihat, maka nantinya pembaca akan penasaran dengan acara atau kegiatan yang sedang kamu buat ini. Oya, tetapi untuk pembuatan namanya jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang juga ya.

Menuliskan Pendahuluan

Kemudian, kamu bisa tuliskan pendahuluan dimana pendahuluan ini merupakan salah satu bagian yang pertama di dalam proposal. Di dalam pendahuluan biasanya akan ada latar belakang dari acara atau kegiatan yang dibuat ya. Selain itu, kamu bisa masukkan juga tujuan dan juga target yang akan dicapai dari kegiatan atau acara yang dibuat.

Buat Isi Proposal Secara Rinci

Nah, masuk ke bagian yang penting di dalam proposal, yaitu nantinya kamu akan tuliskan isi dari proposalnya tersebut. Kamu bisa lho ya menuliskan isi-isi secara rinci dari kegiatan yang kamu buat. Nantinya kamu bisa tuliskan kegiatan apa saja sih yang akan dilakukan dalam acaranya.

Selain itu, kamu juga bisa langsung tuliskan waktu-waktu dari pelaksanaan kegiatannya ini, ya. Usahakan kamu buat serinci mungkin untuk di isi proposalnya ini. Karena kalau kurang rinci nantinya akan susah buat panitia dalam melaksanakan kegiatannya ini.

Susunan Acara Dan Susunan Kepanitiaan

Di dalam sebuah kegiatan, pastinya kamu akan bisa membuat susunan kepanitiaannya kan. Iya dong, bagaimana ingin berjalan acara yang dibuat kalau tidak ada kepanitiaannya sama sekali. Iya kan? Maka dari itu, nantinya kamu akan bisa melakukan penyusunan kepanitiaan di dalam proposalnya. Jangan sampai ada yang lupa kamu tulis, ya. Pokoknya harus lengkap deh.

Anggaran Dana yang Dibutuhkan

Tidak hanya susunan kepanitiaan, tetapi di dalam proposal kegiatan juga kamu akan memasukkan anggaran yang nantinya dibutuhkan. Jadi, dalam proposal kegiatan, kamu harus sudah matang ya apa-apa saja yang nantinya akan dibutuhkan. Kamu bisa tuliskan secara rinci apa saja dan jumlah dana yang diperlukan nantinya.

Penutup Proposal Kegiatan

Terakhir, kamu akan membuat kalimat penutup di dalam proposal kegiatan, yaitu dengan cara menuliskan hal-hal yang membuat sponsor atau pihak-pihak yang ditujukan bisa tertarik untuk mendukung acaranya, ya. Baik itu secara materiil atau apapun lah. Intinya kamu harus tunjukkan optimisme di dalam kalimat penutup ini.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Lengkap

Download contoh proposal kegiatan secara gratis bentuk doc –> Download Disini

Peringatan Ulang Tahun Sekolah

<Nama Sekolah>

I. Pendahuluan

A. Latar Belakang

Tiga puluh empat tahun uisa <Nama sekolah> dalam menciptakan generasi-generasi yang bermanfaat bagi bangsa. Bukanlah rentang usia yang singkat untuk suatu lembaga pendidikan dalam menciptakan alumni-alumni yang tangguh dan juga bisa berguna di masyarakat. Peringatan ulang tahun sekolah yang diadakan ini, diharapkan bisa menjadikan semangat baru dan semangat yang lebih besar untuk melanjutkan perjuangan di dunia pendidikan.

Baca Juga  Ingat! Jadwal Pendaftaran UTBK & SBMPTN 2020

B. Tujuan Kegiatan

Memupuk rasa semangat yang kuat untuk siswa-siswa dan seluruh warga sekolah <nama sekolah>.

Menjalin semangat dan kebersamaan antara seluruh warga sekolah <nama sekolah>.

II. Isi Proposal

A. Tema

Kegiatan peringatan hari ulang tahun <nama sekolah> adalah “Menciptakan rasa semangat dan gotong royong kepada sesama warga sekolah”.

B. Macam Kegiatan

Melakukan kegiatan kebersihan mulai dari lingkungan dalam sekolah dan juga lingkungan luar di sekitar sekolah.

Acara jalan sehat.

C. Peserta

Peserta yang akan mengikuti kegiatan peringatan hari ulang tahun <nama sekolah> adalah seluruh warga sekolah, baik dewan guru, staff dan siswa-siswi <nama sekolah>.

D. Peralatan yang Dibutuhkan

Pakaian olahraga <nama sekolah>

Alat-alat kebersihan lengkap, seperti sapu dan lainnya.

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan kebersihan lingkungan <nama sekolah>

Tanggal: Jum’at, 02 Desember 2022

Waktu : Pukul 07.30 – 10.00

Acara jalan sehat
Tanggal: Sabtu, 03 Desember 2022
Waktu: Pukul 07.00 – 10.00

III. Susunan Kepanitiaan

Pelindung : <nama kepala sekolah>

Pengarah : <nama guru yang ditugaskan>

Penanggung Jawab : <nama panitia yang ditugaskan>

Ketua Panitia : <nama panitia yang ditugaskan>

Sekretaris : <nama panitia yang ditugaskan>

Bendahara : <nama panitia yang ditugaskan>

Seksi acara : <nama panitia yang ditugaskan>

Seksi Dana Usaha : <nama panitia yang ditugaskan>

Seksi Humas : <nama panitia yang ditugaskan>

Seksi Keamanan : <nama panitia yang ditugaskan>

Seksi Dokumentasi : <nama panitia yang ditugaskan>

Seksi Peralatan : <nama panitia yang ditugaskan>

IV. Anggaran Dana

Anggaran kegiatan peringatan ulang tahun sekolah diperoleh dari :

Dana kas sekolah: <jumlah dana yang didapatkan>

Dana partisipasi guru: <jumlah dana yang didapatkan>

Dana sponsor: <jumlah dana yang didapatkan>

Dana partisipasi siswa: <jumlah dana yang didapatkan>

Total: <jumlah uang dari keseluruhan dana>

Biaya pengeluaran acara peringatan ulang tahun sekolah :

Peralatan kebersihan : <jumlah uang yang diperlukan>

Spanduk : <jumlah uang yang diperlukan>

Konsumsi : <jumlah uang yang diperlukan>

Lain – Lain : <jumlah uang yang diperlukan>

Total: <total keseluruhan jumlah uang yang diperlukan>

V. Penutup

Demikian proposal acara peringatan hari ulang tahun sekolah <nama sekolah> ini kami susun. Semoga acara yang akan dilakukan bisa berjalan dengan lancar dan sebagaimana mestinya. Terima kasih atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu.

sebagaimana mestinya. Terima kasih atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu.