Doa Tahiyat Awal Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Tahiyat Awal Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
Doa Tahiyat Awal Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Tahiyat Awal – Tahiyat Awal adalah bacaan yang dibaca ketika seseorang duduk diakhir rokaat yang kedua, dalam artian jika sholat yang dikerjakan tidak lebih dari dua rokaat, berarti sholat tersebut tidak ada bacaan doa tahiyat awal.

Adapun sholat yang ada bacaan doa tahiyat awalnya adalah seperti sholat, dzuhur, ashor, maghrib dan isya. Selain keempat sholat tersebut baik sunnah maupun fardhu tidak membaca doa tajiyat akhir.

Meskipun doa tahiyat akhir sunnah namun sebagai ummat rosulullah SAW sebaiknya mempertahankan dan menjunjung tinggii sunnah Nabi. Maka dari itu penulis disini akan merangkum bacaan doa tahiyat akhir secara lengkap baik tulisan arab, latin dan artinya.

Doa Tahiyat Awal Lengkap Muhammadiyah Dan NU

Di negara indonesia organisasi terbesar adalah NU dan Muhammadiyah, keduanya seringkali memmiliki perbedaan dalam segi ibadah. Namun meskipun demikian keduanya ada dalil sebagai penguat masing-masing.

Sehingga menjadi hal yang lumrah jika kedua organisasi tersebut memiliki perbedaan, terlebih menurut banyaknya ulama’ perbedaan adalah rahmat. Simak bacaan do’a tahiyat awal hanya di skda.co.id.

Doa Tahiyat Awal Lengkap Muhammadiyah

Adapun bacaan doa tahiyat awal lengkap Muhammadiyah adalah seperti dibawah ini :

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

“At-tahiyyatul-mubarakat, as-salawatu at-tayyibatu lillah. As-salamu ‘alaika ayyuhan-Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. As-salamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahi as-salihin. Ashhadu an la ilaha illallah, wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.”

Artinya :

“Segala penghormatan, segala keberkahan, dan segala doa hanya untuk Allah. Salam sejahtera atas engkau, wahai Nabi, dan rahmat serta berkah Allah. Salam sejahtera atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya.”

Setelah selesai membaca doa tersebut maka dilanjutkan dengan membaca sholawat nabi seperti dibawah ini.

اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمّدْ

Artinya :

“Ya Allah! Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad.

Doa Tahiyat Awal Lengkap NU

Doa Tahiyat Awal mengandung pengakuan keimanan kepada Allah dan Nabi Muhammad serta pujian kepada Allah. Do’a Tahiyat Awal biasanya dibaca dalam sholat fardhu atau sholat sunnah, baik sholat individu maupun sholat berjamaah.

Setelah membaca doa Tahiyat Awal, biasanya dilanjutkan dengan membaca doa lainnya seperti membaca sholawat atas Nabi Muhammad.

Adapun bacaan doa tahiyat awal versi NU adalah seperti dibawah ini :

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ . أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله

Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibatul lillaah, Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalaamu’alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah, Waasyhadu anna Muhammadar rasuulullaah.

Artinya :

Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang saleh-saleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Setelah selesai membaca do’a tahiyat awal maka dilanjutkan dengan bersholawat kepada Nabi SAW seperti dibawah ini.

اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمّدْ

Artinya :

“Ya Allah! Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad.

Makna Bacaan Doa Tahiyat Awal

Setiap doa yang dibaca ketika sholat tentunya memiliki makna yang baik, karena posisi sholat adalah percakapan antara hamba dengan Allah SWT. Begitu pula dengan do’a tahiyat awal memiliki makna yang perlu diperhatikan.

Berikut dibawah ini beberapa makna doa yang terkandung didalam doa tahiyat awal :

  • Semua penghormatan, keberkahan, dan doa hanya untuk Allah. Dengan membaca doa tahiyat awal, umat muslim mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak menerima penghormatan, keberkahan, dan doa.
  • Salam sejahtera atas Nabi Muhammad, dengan membaca salam sejahtera atas Nabi Muhammad, umat muslim mengungkapkan rasa kasih sayang, penghargaan, dan penghormatan mereka terhadap Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah.
  • Bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya. Dengan membaca kalimat ini, umat muslim menyatakan keimanan mereka kepada tauhid, yaitu keyakinan bahwa hanya ada satu Tuhan yang berhak disembah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah yang terakhir.
  • Berdoa untuk keselamatan dan keberkahan bagi diri sendiri, para hamba Allah yang shaleh, dan keluarga Nabi Muhammad. Dengan membaca doa ini, umat muslim memohon kepada Allah untuk memberikan keselamatan, keberkahan, dan rahmat-Nya bagi diri sendiri, para hamba Allah yang shaleh, dan keluarga Nabi Muhammad.

Penutup

Demikianlah bacaan doa tahiyat awal telah ditulis dalam artikel skda.co.id dengan tulisab bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat, wallahu a’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected