Find My iPhone Icloud dan Cara Mengaktifkan dari Perangkat Lain

Fitur Find My iPhone menjadi salah satu fitur populer yang sering disebut-sebut berhasil membantu dalam mengungkap berbagai kasus terutama kasus kriminalitas. Fitur ini pernah berhasil membantu pihak kepolisian untuk menemukan korban penculikan oleh pelaku perdagangan orang. 

Fitur ini sendiri sangat disukai oleh pemilik iPhone dan menjadi fitur andalan karena manfaatnya dalam menemukan dan melacak iPhone hilang atau sekedar keselip. Fitur ini akan sangat efektif digunakan ketika ponsel hilang dari pengguna karena fitur ini dapat langsung melacak keberadaan ponsel.

Ternyata tidak hanya berguna untuk melacak dan menemukan posisi perangkat iPhone, fitur ini juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting. Aplikasi yang sudah diluncurkan sejak tahun 2010 lalu tetap menjadi fitur andalan bagi pecinta iPhone. 

Manfaat Menggunakan Fitur Find My iPhone

Manfaat Menggunakan Fitur Find My iPhone

Fitur Find My iPhone atau bisa diterjemahkan sebagai “Temukan iPhone Saya” adalah fitur bawaan yang sudah dibenamkan oleh perusahaan Apple ke dalam iPhone sejak tahun 2010. Fitur ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk melacak keberadaan ponsel namun juga berbagai manfaat lain sebagai berikut:

1. Menemukan Perangkat iPhone yang Hilang

Fungsi utama dari fitur bawaan iPhone yakni Temukan iPhone Saya adalah untuk melacak keberadaan ponsel iPhone ketika hilang. Fitur ini akan memberitahukan keberadaan ponsel iPhone kepada pemiliknya ketika ponsel dirasa hilang atau dicuri.

Nantinya, kamu sebagai pemilik akan diperlihatkan map serta posisi iPhone di map tersebut. Kamu dapat mengakses fitur ini dari berbagai perangkat lainnya seperti iPhone teman, PC, Macbook, Notebook dan sebagainya. 

Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan melacak posisi iPhone apabila ponsel dalam keadaan menyala serta baterai terisi. Sebaliknya jika iPhone dalam kondisi baterai habis atau ponsel dimatikan maka keterangan yang ditampilkan pada layar adalah ponsel berada di luar jaringan. 

Namun, kamu tetap bisa mendapat pemberitahuan lokasi ponsel iPhone jika mengklik opsi untuk menerima notifikasi ketika ponsel menyala. Ketika ponsel kembali menyala, lokasi akan langsung terlacak. 

2. Mengunci Perangkat iPhone Pengguna Ketika Hilang

Fungsi Find My iPhone berikutnya adalah dapat mengunci ponsel iPhone saat hilang sehingga penemu ponsel tidak akan dapat mengakses isi ponsel. Ketika kamu mengakses fitur “Temukan iPhone Saya” maka kamu akan diberikan beberapa opsi aktivitas yang bisa dipilih terkait keberadaan ponsel iPhone.

Salah satu opsi yang tersedia adalah opsi mode hilang yang memungkinkan kamu untuk secara otomatis mengunci perangkat agar orang lain tidak bisa mengakses isi di dalam ponsel atau memanfaatkan informasi pribadi kamu. 

Kamu akan diminta memasukkan 4 digit kode rahasia melalui perangkat lain. Kode ini akan menjadi password bagi ponsel kamu sehingga orang lain tidak bisa membuka iPhone kecuali menginputkan password ini.

3. Melindungi Informasi dan Data Pribadi Pengguna iPhone

Manfaat berikutnya dari fitur Temukan iPhone Saya adalah dapat melindungi informasi serta data pribadi pengguna iPhone. Ada dua cara perlindungan yang bisa dipilih berdasarkan mode Find My iPhone yang tersedia yakni Penanda Perangkat Hilang (Lost Mode) dan Hapus Perangkat (Erase iPhone). 

Baca Juga  Forbidden Playground Apk Android Download (No Ads)

Lost Mode melindungi data pribadi pengguna dengan cara mengunci perangkat dari jarak jauh ketika ponsel dirasa hilang atau dicuri. Sementara mode Erase iPhone akan menghapus seluruh informasi pribadi di dalam perangkat dari jarak jauh. 

Opsi Erase iPhone ini sangat cocok dipilih ketika dirasa iPhone yang hilang memang tidak bisa didapatkan kembali. Dengan begitu, seluruh data pribadi di dalam iPhone akan terhapus otomatis. 

3 Mode Pengamanan iPhone dengan Fitur Pelacak iPhone

3 Mode Pengamanan iPhone dengan Fitur Pelacak iPhone

Kelebihan fitur Find My iPhone adalah terdapat tiga opsi pengamanan yang ditanamkan oleh developer iPhone ke dalam fitur pelacak ponsel. Tiga mode ini adalah mode play sound, lost mode dan erase iPhone. Berikut 3 mode yang ada di dalam fitur:

1. Lost Mode 

Lost mode adalah opsi yang dipilih pemilik jika pemilik sudah yakin bahwa perangkat hilang atau dicuri. Jika Lost Mode diaktifkan maka perangkat akan langsung dikunci otomatis dari sistem. Cara menggunakan opsi ini adalah:

  • Setelah mengklik opsi Lost Mode, perangkat iPhone yang hilang akan otomatis dikunci.
  • Kamu akan diminta memasukan kode kunci iPhone yang baru pada perangkat
  • Inputkan serangkaian nomor random yang tidak terkait sebanyak 4 digit di kolom yang disediakan.
  • Input ulang kode PIN untuk konfirmasi keamanan
  • Apabila iPhone masih terhubung jaringan internet, iPhone akan terkunci secara otomatis serta tidak dapat dilakukan pengaturan ulang jika tidak menginputkan nomor random sebagai kode kunci tadi)
  • Jika kondisi iPhone tidak terhubung jaringan internet atau ponsel sudah dalam keadaan mati, pemilik akan memperoleh email notifikasi yang sama persis dengan email terdaftar ID Apple. Dengan ini, pemilik bisa mengetahui kondisi terakhir iPhone
  • Kamu akan diminta menginputkan nomor kontak yang dapat dihubungi oleh pihak yang sedang memegang ponsel. Untuk memasukkan nomor kontak, ketuk kolom “Number” dan ketik nomor ponsel untuk dihubungi.
  • Pilih tombol “Next” jika sudah selesai
  • Pesan berisi nomor kontak tersebut kemudian akan muncul pada layar iPhone yang hilang. Kamu juga bisa mengedit pesan tersebut jika ingin. Terakhir tekan “Done”
  • Perangkat iPhone tidak bisa diakses jika tidak memasukkan kode PIN baru. Namun, iPhone masih bisa dipakai untuk menghubungi nomor kontak yang dikirim sebelumnya

2. Play Sound 

Play Sound adalah mode untuk mempermudah menemukan posisi iPhone di sekitar pemilik. Mode ini adalah mode paling tepat dipilih jika menemukan bahwa iPhone ternyata hanya terselip dan masih ada di dekat pemilik. 

Untuk mengaktifkan Play Sound, caranya cukup tekan tombol di pojok kiri bawah layar untuk menyalakan ringtone atau suara di ponsel. 

3. Erase iPhone

Erase iPhone adalah mode terakhir yang bisa dipilih oleh pemilik ketika meyakini bahwa akan sangat sulit untuk menemukan kembali perangkat iPhone yang hilang. Mode ini adalah mode pengaman ponsel iPhone agar data di dalamnya tidak akan disalahgunakan penemu iPhone. 

Dengan mode Erase iPhone, maka seluruh data yang tersimpan di dalam perangkat akan terhapus secara permanen dan tidak bisa diakses oleh siapapun. 

Cara Mengaktifkan Fitur Find My iPhone

Cara Mengaktifkan Fitur Find My iPhone

Fitur Find My iPhone adalah fitur unggulan besutan perusahaan Apple yang sudah diluncurkan sejak tahun 2010 lalu. Untuk bisa menikmati fitur pelacak perangkat iPhone ini, pertama-tama kamu harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Berikut cara mengaktifkan fitur pelacak ponsel iPhone:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting di ponsel
  • Pilih opsi ID Apple, apabila kamu belum sign in maka lakukan sign in terlebih dahulu hingga selesai
  • Pilih opsi menu Find My > selanjutnya klik menu Find My iPhone > Pada bagian menu ini geser atau aktifkan opsi pelacak perangkat iPhone dengan menggeser tombol ke posisi ON. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka pemilik dapat melacak lokasi iPhone menggunakan perangkat lain
  • Selanjutnya klik menu “Send Last Location” pada posisi ON
  • Kemudian kamu bisa membuka menu Find My iPhone di perangkat ponsel iPhone lainnya
  • Inputkan ID Apple dari perangkat iPhone hilang ke dalam menu pelacak iPhone dari ponsel lain tersebut
Baca Juga  Cara Membuka Situs yang Diblokir

Cara Menggunakan Fitur Find My iPhone dari Ponsel iPhone Lainnya

Cara Menggunakan Fitur Find My iPhone dari Ponsel iPhone Lainnya

Kamu bisa mengakses lokasi iPhone yang mungkin hilang baik karena dicuri atau tertinggal dengan menggunakan ponsel iPhone lainnya. Berikut adalah cara melacak iPhone teman menggunakan ponsel iPhone:

  • Pertama-tama masuk ke dalam menu Pengaturan atau Setting di ponsel iPhone
  • Selanjutnya buka fitur pelacak iPhone atau “Find My iPhone” di menu Pengaturan
  • Inputkan ID Apple perangkat iPhone yang ingin dilacak posisinya
  • Setelah berhasil login ke dalam ID Apple perangkat tersebut, maka tampilan layar iPhone kamu akan berubah menuju tampilan maps atau lokasi perangkat. Dari sini kamu bisa mengetahui apakah perangkat iPhone berada di tempat yang aman atau memang dicuri.
  • Kamu juga diberikan beberapa pilihan untuk mengamankan kondisi iPhone agar data di dalam iPhone tetap aman. Tiga opsi yang diberikan oleh iPhone untuk melacak dan mengamankan perangkat adalah lost mode, play sound, erase iPhone. 
  • Pilih salah satu mode yang tersedia sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ponsel

Cara Mengakses Find My iPhone dari PC atau Notebook

Cara Mengakses Find My iPhone dari PC atau Notebook

Aplikasi untuk menemukan lokasi iPhone ini dapat diakses menggunakan perangkat laptop, PC maupun notebook juga. Ternyata perangkat komputer berbasis Windows pun juga bisa digunakan untuk akses aplikasi Find My iPhone caranya dengan langkah sebagai berikut:

  • Pertama-tama masuk ke web browser dari perangkat PC atau notebook
  • Selanjutnya masuk ke situs iCloud atau bisa juga dengan mengklik link berikut https://www.icloud.com/find melalui website browser. Semua komputer bisa digunakan untuk mengakses layanan pelacak lokasi iPhone
  • Pada kolom iCloud Find My iPhone, ketikkan ID Apple beserta kata sandinya. Untungnya, platform pelacak iPhone ini tidak meminta autentikasi dua langkah untuk bisa diakses sehingga pemilik tidak perlu bersusah payah memasukkan kode verifikasi. 
  • Namun, jika platform meminta verifikasi melalui kode yang dikirim ke perangkat terpercaya, sementara kamu tidak mempunyai perangkat tersebut, klik opsi “Find iPhone” di bawah tulisan “or get quick access to”
  • Selanjutnya akan ditampilkan opsi “All Devices” yang berisi daftar perangkat yang bisa dipilih. 
  • Pilih perangkat iPhone yang ingin dilacak lokasinya. Namun jika hanya ada satu perangkat di daftar “All Devices”, maka lokasi perangkat akan langsung tampil di peta. Kamu akan langsung mengetahui lokasi perangkat saat itu juga.
  • Setelah posisi iPhone ditampilkan di peta, kamu juga akan diberikan opsi mode di bagian sudut kiri atas untuk diterapkan pada perangkat iPhone yang hilang. Ada tiga mode yang tersedia yakni mode Play Sound, Last Mode dan Erase iPhone
  • Ketuk salah satu mode yang sesuai untuk iPhone

Menemukan Ponsel iPhone yang Hilang dengan Smartphone Android

Jika kamu hanya memiliki perangkat lain berupa smartphone dengan sistem operasi Android, kamu tetap bisa melacak dan menemukan ponsel iPhone yang hilang menggunakan akun Google. Cara ini sebenarnya bisa dikatakan merupakan fitur Find My iPhone for Android yang bisa dicoba.

  • Untuk bisa melacak posisi iPhone dengan akun Google, kamu harus memastikan bahwa kamu pernah menggunakan iPhone untuk mengakses email Google (Gmail). Jika belum pernah, maka cara ini tidak bisa digunakan
  • Pertama-tama buka website browser menggunakan smartphone Android
  • Selanjutnya buka akun Google menggunakan link berikut https://account.google.com dan login ke dalam akun Google yang diloginkan ke dalam perangkat iPhone yang ingin dilacak
  • Scroll menu ke bawah sampai menemukan menu Keamanan atau Security
  • Selanjutnya klik menu “Find lost phone atau Temukan ponsel yang hilang atau dicuri” 
  • Pilih tipe ponsel yang ingin dicari. Untuk ponsel bertipe iPhone, klik opsi iPhone
  • Ketikkan kembali kata sandi untuk akun Google
  • Google kemudian akan menampilkan lokasi terkini atau terakhir dari iPhone yang hilang berdasarkan akun Google yang login di dalamnya. 
Baca Juga  Cara Menghubungkan No HP di Higgs Domino (Aman) Saat Ini

Panduan Melacak Perangkat Apple Lainnya

Panduan Melacak Perangkat Apple Lainnya

Selain berguna untuk melacak perangkat iPhone, ternyata app lacak yang dibenamkan oleh Apple juga berguna untuk melacak perangkat keluaran Apple yang lain seperti iPad, Mac dan iPad touch. Kamu harus memastikan bahwa app lacak sudah diatur di dalam perangkat. Berikut caranya:

  • Pada perangkat iPad dan iPod touch, pertama-tama buka menu Pengaturan
  • Ketuk nama akun pemilik yang ada di bagian atas.
  • Tekan opsi Lacak
  • Apabila kamu ingin memberi tahu posisi iPhone kamu kepada keluarga dan teman, hidupkan Bagikan Lokasi Saya
  • Selanjutnya klik menu Cari Perangkat Saya, misalnya Cari iPhone Saya atau Cari iPod saya
  • Pada menu ini terdapat beberapa pilihan tersedia seperti “Kirim Lokasi Terakhir” untuk mengirimkan lokasi perangkat terakhir ketika baterai lemah atau mau mati
  • Opsi “ Jaringan Lacak” untuk menemukan iPhone ketika perangkat offline
  • Jika ingin melihat posisi perangkat di peta, maka kamu harus menyalakan “Layanan Lokasi” di bagian Pengaturan > Privasi dan Keamanan. 

Panduan Mematikan Fitur Find My iPhone

Panduan Mematikan Fitur Find My iPhone

Selain mengaktifkan fitur Find My iPhone, ada kalanya pengguna justru harus mematikan fitur pelacak iPhone ini. Beberapa kondisi seperti ponsel iPhone yang akan dijual, ditukar, atau dikirim ke pusat service untuk dilakukan perbaikan mengharuskan fitur dimatikan. 

Untuk mematikan fitur pelacak iPhone pada ponsel memang berbeda-beda bergantung kepada sistem operasi iOS yang diinstal. Tapi secara umum caranya sama. Berikut cara mematikan fitur pelacak iPhone dengan mudah untuk sistem operasi iOS 13 dan setelahnya:

  • Pertama-tama buka menu “Setting atau Pengaturan”
  • Klik nama akun yang ada di bagian atas menu Setting. Selanjutnya pilih opsi “Find My”
  • Pada laman berikutnya, pilih menu Find My iPhone dan matikan setting pelacak iPhone. Kamu juga bisa mematikan opsi Find my Network serta opsi Send Last Location. 
  • Selanjutnya masukkan password ID Apple
  • Kemudian klik opsi “Turn Off” dengan cara 

Sementara jika sistem operasi yang digunakan adalah iOS 12 atau di bawahnya, maka berikut langkah mematikan pelacak iPhone dengan mudah:

  • Pertama-tama buka menu “Setting atau Pengaturan”
  • Klik nama akun yang ada di bagian atas menu Setting.
  • Scroll hingga menemukan menu iCloud, klik menu iCloud dan masukkan password
  • Untuk mematikan fitur pelacak iPhone, klik opsi “Turn Off” atau dengan menggeser tombol agar fitur pelacak mati

Fitur Find My iPhone menjadi fitur andalan bagi para pemilik iPhone untuk melacak dan juga mengamankan data di dalam ponsel ketika hilang. Menariknya, fitur melacak ponsel iPhone ini bisa diakses dari berbagai perangkat selain iPhone seperti PC, komputer, ponsel Android dan juga Notebook.

Baca Juga Artikel Lainnya :