Kelebihan dan Kekurangan Realme 8, Spek & Harga Terbaru 2023

Kelebihan dan Kekurangan Realme 8, Spek & Harga Terbaru 2023
Kelebihan dan Kekurangan Realme 8, Spek & Harga Terbaru 2023

Ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Oppo Realme 8 sebelum membeli ponselnya agar tidak menyesal.

Realme kembali mengeluarkan produk terbarunya, yakni Realme 8 pada Agustus 2022 lalu. Dengan menampilkan beberapa peningkatan di berbagai sektor, HP Realme 8 bisa bersaing dengan ponsel lain di kelas yang sama.

Smartphone ini pertama kali meluncur di Indonesia pada April 2021 lalu.

Meski usianya sudah nyaris dua tahun, Realme masih tetap bisa dijadikan pilihan bagi para pencinta gadget, khususnya yang mengincar kecepatan daripada fotografi. Apalagi harganya juga cukup terjangkau.

Kendati demikian, Realme 8 juga memiliki sejumlah kekurangan pada perangkatnya. Nah kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan Realme 8? Berikut penjelasan selengkapnya.

Spesifikasi Kelebihan Realme 8

Ada beberapa hal yang menjadikan ponsel besutan Realme ini mampu bersaing di kelas midrange Android. Di antaranya desain, chipset, baterai, dan lainnya. Berikut penjelasannya.

Review Lainnya:

Ringan dan ramping

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh Realme 8 adalah soal desainnya. Ponsel ini dirancang dengan ukuran yang ramping serta ringan. Bobot beratnya hanya sekitar 177 gram dan ketebalannya sekitar 7,9 mm.

Punya ponsel yang ramping dan ringan memang membuat penggunanya nyaman. Apalagi kini ponsel menjadi barang yang sering dibawa bepergian ke mana-mana.

Selain itu dengan ukuran yang tidak terlalu besar, pengguna juga bisa merasa nyaman ketika menggengamnya.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Terbaru 2023 di Indonesia

Layar Sudah Super AMOLED

Adapun kelebihan Realme 8 lainnya adalah layarnya yang sudah berpanel AMOLED berukuran 6,4 inci. Padahal generasi sebelumnya masih mengusung layer IPS.

Adanya peningkatan di bagian layar membuat Realme 8 dapat menunjang aktivitas menonton.

Kualitas layarnya yang Full HD juga menambah kenyamanan dalam menikmati konten melalui ponsel buatan Realme tersebut. Smartphone ini bahkan masih enak dipakai di bawah terik matahari.

Selain itu, layarnya sudah dibekali dengan pemindai sidik jari dan fitur Always On Display. Melalui fitur Always On Display, ponsel ini memungkinan untuk memperlihatkan notifikasi dalam keadaan terkunci tanpa memakan banya daya.

Didukung Chipset Gaming

Karena prosesornya menggunakan chipset gaming, hal ini akan memberikan performa mesin yang mumpuni. HP Realme itu menggunakan chipset MediaTek Helio G95. Mesin ini memang umum digunakan pada ponsel gaming di kelas menengah.

Maka dari itu, chipset ini juga sudah lebih dari cukup pada Realme 8. Dengan adanya dukungan RAM 8GB dan memori internal 128 GB, hal membuat kinerja dari ponsel tersebut berjalan lancar.

Ketika digunakan untuk multitasking, Realme 8 juga tidak memiliki masalah. Bahkan tidak ada lag ketika menggunakannya untuk bermain media sosial, browsing, dan lainnya. Hal serupa juga terjadi ketika perangkat ini dipakai untuk bermain game.

Realme 8 dapat memainkan PUBG Mobile dengan pengaturan grafis dan frame rate dari ultrasmooth hingga high HD tanpa kendala yang berarti.

Kemudian saat memainkan Genshin Impact, Realme 8 bisa dimainkan pada setting default medium grafis. Pengguna juga dapat mengaktifkan mode 60 FPS.

Kapasitas Baterai Besar

Selain aman digunakan untuk bermain game, kelebihan Realme 8 juga ada pada baterainya.

Pasalnya Reamle membekali perangkatnya dengan kapasitas yang besar, yakni 5000mAh. Selain itu, baterai tersebut juga sudah mendukung fitur pengisian cepat 30W.

Baca Juga  Review Samsung Galaxy M14 5G: Spesifikasi, Harga & Kelebihanya

Dengan besaran baterai itu, ponsel ini diklaim mampu bertahan 43 jam bila dipakai untuk menelepon nonstop, 23 jam untuk nonton video, dan 10 jam untuk bermain game.

Sementara pengisian cepatnya itu diklaim mampu mengisi daya penuh dalam waktu 65 menit saja.

Kamera yang Berkualitas

Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, konfigurasi kamera yang ada pada bodi Realme 8 tterdiri dari empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Pada bagian belakang ada kamera utama 64 MP, lalu kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2 MP, serta lensa B&W 2 MP.

Sedangkan untuk kamera depan, tersemat lensa 16 MP yang mendukung teknologi sensor Sony IMX471.

Hasil jepretan dari kamera belakang maupun depan pun cukup bagus, meski terkadang tidak konsisten soal kecerahannya. Kendati demikian, kamera ponsel ini tetap menghadirkan hasil foto yang mendetail.

Spesifikasi Kekurangan Realme 8

Ada kelebihan tentu ada kekurangan, Berikut ini adalah kekurangan hp realme8 menurut admin, Ini hanya untuk sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli.

Review Lainnya:

Refresh Rate Kurang Mulus

Walaupun layarnya sudah berpanel Super AMOLED, besaran refresh rate pada layar Realme 8 yang masih 60 Hz menjadi kekurangan Realme 8.

Padahal ada banyak pesaingnya yang memiliki kecepatan refresh rate hingga 90Hz dengan harga yang sama.

Konon, layar yang memiliki kecepatan refresh rate hingga 90 Hz, maka akan bergerak lebih mulus daripada layar yang memiliki kecepatan refresh rate 60 Hz.

Akan tetapi biasanya semakin tinggi kecepatan refresh rate, maka hal tersebut juga membutuhkan daya yang lebih banyak.

Tampilan Bodi yang Mencolok

Pemilihan dual warna pada Realme 8 ternyata menyebabkan tampilan bodinya begitu mencolok. Apalagi dengan adanya tulisan ‘Dare to Leap’ yang cukup besar pada pinggir ponsel.

Baca Juga  Oppo A17 Spesifikasi dan Harga Terbaru 2023 di Indonesia

Padahal bila tulisan tersebut dihilangkan, tampilannya akan lebih menarik. Sebab, suksesor Realme 7 ini sudah mengusung dual warna yang berkilau.

Bodi Masih Pakai Material Plastik

Walaupun tampil berkilau, ternyata kekurangan Realme selanjutnya adalah penggunaan plastic di bagian punggung ponsel.

Memang hal tersebut bertujuan demi mengurangi kotoran seperti sidik jari. Hanya saja, ponsel ini sebenarnya bisa menggunakan material yang lebih baik lagi, seperti material kaca.

Speaker Belum Stereo

Sebenarnya, HP Realme 8 sudah bagus karena memiliki sertifikasi audio resolusi tinggi 24-bit/192kHz.

Artinya, ponsel ini dapat memutar file audio yang berkualitas tinggi. Sayangnya, potensi yang bagus itu harus terkendala karena speakernya belum stereo, sehingga hasil suaranya menjadi kurang mantap.

Tabel Review Realme 8

Berikut ini tabel spesifikasi dari HP Realme 8:

Layar Super AMOLED 6,4 inciRefresh rate 60Hz
Dimensi 160,6 x 73,9 x 8 mm
Bobot 177 gram
Chipset MediaTek Helio G95
SIM Dual SIM (Nano SIM dual stand by)
Sistem operasi Android 11, Realme UI 2.0
Memori RAM 8 GBMemori internal 128 GB
NFC Tersedia
Kamera belakang 64MP, 8MP (ultrawide), 2MP (makro), 2MP(depth)
Kamera depan 16MP
Baterai 5000mAhFast charging 30W
Fitur lain In Display FingerprintBluetoothjack audioUSB-CWi-FiSistem pendingin Copper LiquidPerekaman video 4K (30fps)
Warna Cyber Silver, Cyber Black

Rekomendasi:

Harga Realme 8 Terbaru 2023

Untuk harga, Realme 8 dijual Rp3,5 jutaan saat peluncuran pertama kali. Namun kini, harga Realme 8 terbaru 2023 mengalami penurunan.

Pada laman marketplace iPricebook, ponsel ini hadir dari harga Rp2,6 juta secara online dan Rp2,7 juta bila dibeli langsung ke toko (offline).

Sementara itu bila ingin membeli bekasnya, ponsel ini hadir mulai dari Rp2 jutaan.

Tinggalkan komentar