Resep Kue Putu Ayu yang Lezat Bertekstur Lembut

Resep Kue Putu Ayu yang Lezat Bertekstur Lembut

Terkenal sebagai kue tradisional, mungkin kalian mengira resep kue putu ayu itu cukup sulit untuk dibuat. Apalagi dirasa teksturnya sangat lembut dan juga aromanya wangi, kemungkinan proses pembuatannya membutuhkan waktu lama.

Jangan khawatir, karena sebenarnya membuat kue tradisional satu ini cukup mudah dengan resep dari kita ini. Jangan salah kira antara kue putu dan putu ayu. Keduanya memiliki nama sama, tapi resep dan rasanya cukup berbeda.

Jika resep kue putu ayu sendiri menggunakan beberapa bahan yang sering kalian temui pada bolu kukus. Kesamaannya hanya parutan kelapa yang menjadi toping kedua kue tradisional tersebut. Berikut adalah cara membuat kue putu ayu dengan benar.

Mengenal Secara Singkat Tentang Kue Putu Ayu

Indonesia memang memiliki berbagai macam olahan kue tradisional. Salah satunya adalah kue putu ayu yang berasal dari Jawa Tengah. Kue putu ayu sendiri termasuk kue basah atau jajanan pasar. Setiap pagi, ketika kalian ke pasar, pasti akan menemukan kue basah ini.

Kue tradisional ini memiliki ciri khas berwarna hijau. Bentuknya juga cantik, sama seperti namanya “Ayu” yang berarti cantik dalam bahasa Jawa. Meski sudah lama, banyak masyarakat yang masih menggemari cita rasa kue satu ini.

Memang asalnya dari Jawa Tengah, akan tetapi ada yang mengatakan jika resep kue putu ayu sendiri berasal dari Tiongkok. Tapi karena sudah mengalami perubahan, sehingga lebih dikenal sebagai kue khas dari Jateng.

Cita rasa khas yang ada di kue putu ayu ini adalah manis dan legit. Tidak salah sangat cocok dengan lidah Indonesia dan bahkan orang dari negara Asia Tenggara lainnya.

Baca Juga  Cara Buat Ombre Lips Ala Korea Untuk Bibir Tebal dan Hitam

Lalu bagaimana dengan sejarah dari resep kue putu ayu sendiri hingga dikenal sampai sekarang? Ini berawal dari kuliner Tiongkok yang berkembang di Asia Tenggara.

Kenapa dinyatakan sebagai kuliner asal Tiongkok? Karena cara memasaknya menggunakan bambu yang merupakan khas orang Tiongkok dalam memasak hidangan. Sebenarnya kue putu ayu dan kue putu ada kaitannya erat.

Karena itulah kue putu ayu merupakan perkembangan dari kue putu. Hal yang membedakan keduanya adalah bahan dasarnya saja. Jika putu menggunakan bahan dasar tepung beras dan di tengahnya ada gula merah. Bentuknya silinder.

Sementara kue putu ayu menggunakan bahan dasar tepung terigu dan bentuknya biasanya bulat. Tapi keduanya sama-sama dihidangkan dengan parutan kelapa.

Bahan-Bahan dalam Resep Kue Putu Ayu

Setelah mengetahui sejarahnya, tidak puas rasanya bila belum tahu apa saja bahan-bahan dalam kue putu ayu itu apa saja. Bahan-bahan untuk membuat kue tradisional ini sebenarnya cukup banyak.

Biasanya memang kue tradisional memang terkenal dengan banyaknya bahan karena memprioritaskan cita rasa di dalam hidangan tersebut. Meski jumlah bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue putu itu banyak, tapi semuanya mudah sekali untuk kalian temui di pasar, supermarket, atau minimarket.

Untuk bahan-bahan yang kita siapkan ini untuk 20 buah kue saja. Waktu masaknya kira-kira 1 jam. Berikut beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat resep kue putu ayu adalah:

  • Bahan Dasar Tepung terigu berprotein rendah atau sedang sebanyak 125 gram.
  • Maizena 15 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Telur sebanyak 2 butir
  • SP 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Vanili 1 sdt
  • Pasta panda ½ sdt
  • Santan instan 1 bungkus 65 gram
  • Minyak goreng yang dibuat Bahan Membuat Sari PandanDaun pandan 1 lembar dan air 35ml
  • Blender dan saringBahan untuk TopingKelapa parut 100 gram
  • Tepung maizena 2 sdt
  • Garam ¼ sdt

Cara Membuat Resep Kue Putu Ayu dengan Benar

Sebelum mengeksekusi kue putu ayu agar hasilnya bagus, terlebih dahulu siapkan alat untuk memasaknya. Kue ini dimasak dengan cara dikukus, bukan dipanggang. Sehingga perlu menyiapkan kukusannya dulu.

Baca Juga  Build Item Martis Tersakit 2023 (Full Damage dan Terkuat)

Untuk menyiapkan kukusan, cukup sediakan panci yang bisa untuk mengukus atau dandang, kemudian panaskan di atas kompor. Gunakan api kecil saja dulu.

Putu ayu terkenal dengan bentuknya yang bulat seperti membentuk bunga. Maka dari itu, perlu dicetak. Kalian harus siapkan dulu cetakannya.

  • Agar nanti cetakan putu ayu tidak lengket, maka kalian harus mengisinya dengan minyak sebelum adonan dituangkan ke dalam cetakan. Ketika semua alat sudah disiapkan dengan baik, barulah eksekusi resep kue putu ayu berikut:Untuk membuat bahannya, campurkan ke dalam wadah gula pasir, telur, SP, vanili, dan garam. Kocok hingga adonannya kaku.
  • Sebelum membuat bahan utama, campurkan dalam wadah antara lain santan, pasta pandan dan sari pandan. Aduk hingga merata dan sisihkan dulu.
  • Masukkan tepung terigu berganti-gantian dengan larutan santan kelapa dan pandan yang tadi dibuat. Aduk dengan baik menggunakan spatula hingga merata.
  • Jika adonan utama sudah beres semua, sekarang tinggal ke toping. Campurkan semua bahan untuk toping. Kemudian taruh 1 sdt adonan toping tersebut ke dasar cetakan. Tekan-tekan hingga padat. Lakukanlah hingga semua bahan toping habis.
  • Jika sudah, masukkan adonan tadi ke dalam plastik segitiga. Kemudian tuangkan adonan tersebut ke dalam wadah yang tadi sudah ada toping parutan kelapanya.
  • Lakukan seperti itu hingga adonan di dalam plastik semuanya habis.
  • Ketika semua adonan telah dimasukkan ke dalam wadah, kukus di panci atau dandang selama 20 menit. Tunggu hingga matang, keluarkan dari cetakan dan biarkan hingga dingin.
  • Kue putu ayu, siap kalian hidangkan.

Sedikit tips untuk kalian agar resep kue putu ayu hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Saat mengocok adonan telur, pastikan sampai mengembang. Alasannya agar nanti hasilnya mengembang dan tidak kempes.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Video Terhapus di Android yang Mudah

Sebenarnya kue putu ayu bisa bertahan sampai 2 harian. Akan tetapi yang sering membuatnya basi adalah toping parutan kelapanya. Agar bisa awet, sebelumnya parutan kelapa tersebut dikukus terlebih dulu agar bisa bertahan lebih lama.

Kalian tidak perlu terpaku pada satu jenis cetakan saja. Umumnya memang bunga-bunga, tapi variasi lainnya juga ada. Silakan untuk kreasikan sendiri.

meski terbilang cukup banyak bahan yang perlu disiapkan, tapi jika sudah praktik sebenarnya cukup mudah. Langsung saja coba praktikkan resep kue putu ayu menikmati waktu sore bersama keluarga.