Samsung Z Flip 4, Intip Spesifikasi dan Harga Terbaru 2023

Samsung Z Flip 4, Intip Spesifikasi dan Harga Terbaru 2023
Samsung Z Flip 4, Intip Spesifikasi dan Harga Terbaru 2023

Bagi kamu yang tertarik ingin membeli Samsung Z Flip 4, simak dulu spesifikasi dan harga terbarunya di tahun 2023.

Samsung sebagai perusahan elektronik ternama kerap memberikan kejutan pada produk-produknya. Terbukti, mereka mengeluarkan ponsel yang bisa membuat banyak orang bernostalgia pada masa lalu. Pasalnya, perusahaan asal Korea Selatan itu kembali mengeluarkan ponsel lipat terbaru yang mereka beri nama Samsung Galaxy Z Flip 4 5G.

Produk tersebut tercatat rilis pada tahun 2022 lalu. Melihat angka di belakang serinya, ponsel ini tentu bukan yang pertama. Maksudnya, Samsung sebelumnya sudah mengeluarkan produk serupa. Hanya saja pada seri kali ini, mereka melakukan beberapa peningkatan spesifikasi.

Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai HP Samsung Flip 4 agar bisa mengetahui berbagai keunggulannya.

Spesifikasi Samsung Z Flip 4 5G

Desain

Dari sektor desain, Samsung Z Flip 4 tampil dengan ukuran dimensi 165,2 x 71,9 x 17,1 mm saat dibentangkan. Namun bodinya menjadi lebih ringkas saat dilipat. Hal ini karena ukurannya menjadi 84,9 x 71,9 x 6,9 mm. Lantaran ukurannya yang mini bila dilipat itu menjadikan ponsel ini nyaman dibawa bepergian maupun bahkan tidak banyak memakan tempat.

Soal warna, HP keluaran Samsung tidak perlu diragukan. Sebab, perusahaan asal Korea Selatan ini kerap menawarkan tampilan warna punggung yang cantik dan trendi. Apalagi dengan bingkai metalnya yang glossy membuat ponsel ini menjadi lebih bergaya. Di Indonesia, tersedia empat pilihan warna, yakni Graphite, Pink Gold, Bora Purple, dan Blue.

Namun bila masih belum cukup, Samsung juga menyediakan edisi Bespoke yang memungkinkan kamu sebagai pengguna bisa melakukan customize warna.

Sama seperti ponsel pada umumnya, HP Galaxy Z Flip 4 ini juga lengkap dengan beberapa fitur di sekeliling rangka. Tersedia tombol volume juga daya, lalu ada mikrofon dan speaker. Selain itu, ada pula slot SIM dan lubang kabel USB bertipe C.

Ponsel ini memiliki material rangka yang cukup kokoh. Apalagi Samsung juga sudah membekalinya dengan engsel Armor Aluminium yang tangguh dan sertifikasi IPX8 yang tahan air.

Layar

Masuk ke bagian layar, Samsung Z Flip 4 memiliki menggunakan layar utama berukuran 6,7 inci dengan panel Dynamic AMOLED 2x berteknologi Ultra Thin Glass dan beresolusi FHD+. Layar itu sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz dan kedalaman warna mencapai 16M.

Kombinasi ini membuat penggunanya bisa merasakan pengalaman multimedia yang nyaman serta memanjakan mata. Terlebih, Samsung juga mengklaim bahwa layarnya awet bahkan bisa bertahan hingga 200 ribu kali lipatan.

Tidak berhenti sampai di sana, ponsel yang banyak terlihat di drama Korea ini juga memiliki layar kecil di bagian cover. Layar tersebut berukuran 1,9 inci dengan panel Super AMOLED dan beresolusi 260 x 512. Sama seperti layar utama, sub display ini juga memiliki kedalaman warna sekitar 16M.

Kehadiran cover screen tentu menjadi keunggulan tersendiri daripada para rivalnya. Apalagi layar tersebut juga menawarkan akses pengaturan cepat, balas pesan, dan penyesuaian widget sehingga tidak perlu lagi ke layar utama. Bahkan cover screen juga memungkinkan pengguna melihat preview gambar yang diambil melalui kamera ponsel.

Demi memberikan perlindungan dari goresan, ponsel ini sudah memiliki kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus+ pada layarnya.

Kamera

Untuk urusan fotografi, Samsung menawarkan konfigurasi kamera yang tidak kaleng-kaleng. Pada bagian punggungnya dekat cover screen tersemat dual camera yang tersusun vertikal.

Kedua kamera ini terdiri dari kamera utama dan ultrawide yang kompak berkekuatan 12MP. Meski begitu bukaannya berbeda. Pada kamera utama, upperture ponsel ada di ukuran f/1.8, sedangkan kamera ultrawide memiliki bukaan f/2.2. Sementara untuk sisi depan, terdapat kamera swafoto 10MP.

Di dalam Samsung Z Flip 4 bertebaran fitur canggih yang dapat menunjang sektor fotografi. Misalnya, nightography yang menawarkan hasil jepretan yang detail meski dalam kondisi minim cahaya. Selanjutnya, terdapat teknologi OSI dan VDIS agar pengambilan gambar maupun video menjadi lebih mulus.

Lewat ponsel ini pula, pengguna bisa mendapatkan pengalaman kamera hands free yang Samsung sebut dengan FlexCam. Ponsel ini memanfaatkan sudut dan lipatan HP untuk mengambil foto ataupun video. Selain itu melalui ponsel ini, pengguna juga bisa mengambil selfie dari kamera belakang. Nantinya, preview dari foto itu bisa dilihat secara real time melalui cover screen.

Sedangkan untuk urusan perekaman video, Samsung Z Flip 4 5G sudah mendukung resolusi tinggi hingga Ultra HD 4K pada 60fps.

Performa

Beralih ke bagian performa, Samsung Galaxy Flip 4 ini mengusung prosesor Snapdragon 8 Plus Gen 1 buatan Qualcomm. Chipset itu didukung dengan konfigurasi CPU Octa Core dengan clockspeed hingga 3,2Ghz dan GPU Adreno 730.

Kombinasi tersebut akan membuat ponsel menjadi andal dan kencang saat melakukan aktivitas multitasking juga mendongkrak performa saat bermain game. Hal ini terlihat dari skor AnTuTu Benchmark yang cukup tinggi, yakni mencapai 937.952.

Sedangkan soal memori, Samsung Z Flip 4 5G menyediakan ruang yang cukup luas dengan RAM 8GB. Memori penyimpanan internalnya juga tidak kalah luas, karena tersedia tiga opsi, yakni 128GB,256GB, dan 512GB. Hal ini menjadi kabar baik mengingat kapasitas ruang penyimpanan yang semakin lapang.

Selanjutnya pada segi daya, produk Samsung ini mengandalkan baterai yang cukup memadai dengan kapasitas 3700mAh. Walaupun tidak menawarkan baterai berkapasitas jumbo, kapasitas daya pada ponsel Flip 4 masih lebih besar daripada pendahulunya, Flip 3.

Selain itu, baterai tersebut sudah lengkap dengan fitur pengisian cepat 25W melalui kabel dan 15 W tanpa kabel. Pengisian ulang tersebut didukung dengan adapter charger berkabel USB type C.

Masuk ke sistem operasi, Samsung Z Flip 4 5G menjalankan tampilan antaramuka One UI 4.1.1 berbasis Android 12.

Terakhir untuk fitur pendukung, ponsel ini menghadirkan NFC, jaringan 5G, Flex Mode, WiFi, Bluetooth, fingerprint, dan lainnya.

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4

Dimensi 165,2 x 71,9 x 17,1 mm (dibentangkan)84,9 x 71,9 x 6,9 mm (dilipat)berat 187 gram
Layar 6.7 inci Dyanamic AMOLED 2x Full HD Plus, refresh rate 120Hz (utama)1,9 inci Super Amoled (cover screen)Corning Gorilla Glass Victus+
Chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 (4nm)CPU Octa CoreGPU Adreno 730
OS Android 12, One UI 4.1.1
Memori RAM 8GBPenyimpanan internal 128/256/512GB
SIM Dual SIM
Kamera belakang 12MP (utama, f/1.8) + 12MP (ultrawide, f/2.2)
Kamera depan 10MP
Baterai 3700mAhFast charging 25W lewat kabel, fast charging 15W tanpa kabel
Fitur jaringan 5G, NFC, Bluetooth, WiFi, USB type C, Flex Mode, Nightography, IPX8 tahan air.
Warna Graphite, Pink Gold, Bora Purple, Blue

Harga Samsung Z Flip 4 5G di Indonesia

Samsung Z Flip 4 hadir di Indonesia dengan harga yang bervariasi. Ada tiga varian yang tersedia, yakni RAM 8/128 GB, 8GB/256GB, dan 8GB/512GB. Berikut rincian harga terbaru 2023 berdasarkan halaman website resmi Samsung:

  • RAM 8/128 GB – Rp13,9 juta
  • RAM 8GB/256GB – Rp 14,9 juta
  • RAM 8GB/512GB – Rp16,9 juta

Sementara jika melihat harganya di berbagai toko di marketplace, ponsel ini kini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau lagi, yakni mulai dari Rp11,9 jutaan untuk varian terendahnya.

Namun apabila kamu tidak memiliki cukup uang untuk membeli ponsel baru, kamu juga bisa membeli barang sekennya dengan harga mulai dari Rp11,5 juta. Kendati begitu, harga yang terlampir pada artikel ini sewaktu-waktu dapat berubah.

Untuk produk barunya, ponsel ini bisa diperoleh lewat pembelian online ataupun offline di website maupun gerai Samsung. Selain itu, ponsel ini juga bisa dibeli di mitra atau distributor resmi Samsung. Ada banyak opsi pembayaran yang tersedia untuk mendapatkan unit ponsel ini, mulai dari tunai, transfer bank, hingga cicilan.

Nah, itulah ulasan tentang spesifikasi dan harga dari HP Samsung Z Flip 4 5G yang mengingatkan masa lampau dengan konsep lipat. Ulasan ini diharapkan bisa membantu bila ingin membeli ponsel baru.


Rekomendasi

DMCA Protected