Soal UAS PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawabannya K-13

Materi Pendidikan Sekolah

Untuk pembaca yang masih duduk di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama) kamu akan menemukan contoh-contoh soal UAS PKN kelas 9 semester 1 lho disini. Karena kan sekarang ini pastinya kamu sedang menjalankan UAS atau biasa disebut dengan Ulangan Akhir Semester kan ya.

Pastinya semua orang ingin mendapatkan nilai yang bagus ya di ujian akhir semesternya ini. Pasalnya kalau mendapatkan nilai yang baik nantinya akan bisa membuat orang tua kamu menjadi bangga kan? Selain itu, ya akan membuat diri sendiri menjadi bangga, ya.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan nilai yang baik dan bagus di saat Ujian Akhir Semester atau UAS ini, kamu harus rajin-rajin belajar. Kan seperti kata pepatah ya tidak ada usaha yang menghianati hasil. Jadi, ya kamu harus rajin berlatih soal-soal supaya nantinya bisa mendapatkan nilai yang baik.

Untuk itu, lotteria.id akan sampaikan ke kamu beberapa contoh-contoh soal UAS PKN untuk anak kelas 9 semester 1 dengan jawabannya juga ya. Supaya kamu bisa berlatih untuk mendapatkan nilai bagusnya dengan cepat, simak saja langsung contohnya di bawah ini, ya.

Kumpulan Soal UAS PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawabannya

Seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu kalau disini kami akan sampaikan ke kamu contoh-contoh soal UAS PKN kelas 9 semester 1, maka kami akan memberikannya ke kamu. Jadi, kamu jangan sampai melewatkan contoh soal yang ada di bawah ini ya.

Disini kami tidak akan memberikan ke kamu semua contoh soalnya ya, namun hanya beberapa saja. Jadi, kamu bisa menyimak di bawah ini ada soal-soal yang bisa kamu gunakan untuk latihan dan belajar dalam menghadapi Ujian Akhir Semester, ya. Jangan sampai dilewatkan contoh soalnya ini, ya.

Baca Juga  Besaran Pokok dan Besaran Turunan Pengertian Serta Contohnya

1. Seorang warga di desa A sering sekali melakukan jaga malam atau ronda malam secara sukarela. Hal ini merupakan salah satu bentuk dari perwujudan nilai pancasila yang terdapat dalam bidang… (Jawabannya C)

a. Politik dan Hukum
b. Ekonomi
c. Pertahanan dan Keamanan
d. Sosial Budaya

2. Gerakan yang dibentuk dengan tujuan untuk mengoreksi kepemimpinan dari pemerintah pusat saat kepemimpinan di tangan Ir. Soekarno yang diketuai oleh Syarifuddin Prawiranegara adalah gerakan… (Jawabannya A)

a. Pemerintah Revolusioner Maluku Selatan
b. Partai Komunis Indonesia
c. Angkatan Perang Ratu Adil
d. Republik Maluku Selatan

3. Masa pemerintahan Orde Lama adalah pemerintahan yang dikenal dengan periode Demokrasi Terpimpin. Dimana saat itu semua keputusan tentang pemerintahan yang ada di negara berpusatnya kepada…

a. Para Menteri
b. Rakyat
c. Presiden
d. Anggota Konstituante

4. Era pemerintahan yang terkenal dengan semua halnya atau semua yang dilakukan oleh masyarakat serba bebas adalah periode pemerintahan … (Jawabannya A)

a. Era Reformasi
b. Era Orde Lama
c. Era Orde Baru
d. Pancasila

5. Nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila sebagai ideologi yang terbuka adalah termasuk di bawah ini, kecuali… (Jawabannya D)

a. Nilai praktis
b. Nilai dasar
c. Instrumental
d. Nilai tunggal

6. Pancasila memiliki tiga dimensi yang bisa kita ketahui, ketiga tersebut ada di bawah ini, kecuali … (Jawabannya A)

a. Dimensi Pluralisme
b. Dimensi Realisme
c. Normatif
d. Dimensi Idealisme

7. Dengan dibentuknya sistem pemerintahan yang baru seperti ditambahkannya DPD, KY, MK. Selanjutnya perangkat pemerintahan ada yang dihilangkan dan diganti dengan perangkat yang baru seperti DPA diganti. KPK dan undang-undang yang mengatur tentang korupsi dibentuk. Hal ini merupakan perwujudan nilai pancasila yang ada di bidang…

Baca Juga  Sosialisasi Pendaftaran SNBP 2023 Kapan Dibuka Cek Disini

a. Sosial Budaya
b. Ekonomi
c. Pertahanan dan Keamanan
d. Politik dan Hukum

8. Dalam usaha keamanan dan pertahanan ada kekuatan pendukung yang siap. Nah, di bawah ini yang merupakan atau termasuk ke dalam kekuatan pendukung adalah…

a. Hansip atau Linmas
b. TNI (Tentara Nasional Indonesia)
c. Rakyat
d. Polri (Polisi Republik Indonesia)

9. Kewajiban tidak hanya dimiliki oleh warga negara saja ya, tetapi negara juga memiliki kewajiban yang harus diberikan untuk warga negaranya. Di bawah ini yang termasuk merupakan kewajiban negara untuk warga negara adalah …

a. Negara bisa bertindak sewenang-wenangnya terhadap warga negara.
b. Memberikan ancaman dan rasa takut kepada warga negara.
c. Memberikan keamanan, kenyamanan dan juga kesejahteraan untuk warga negara.
d. Membiarkan pelanggaran HAM terjadi.

10. Salah satu alasan mengapa potensi ancaman terhadap kedaulatan di negara Indonesia dari luar negeri itu sangat tinggi adalah karena…

a. Warga negara Indonesia memiliki sikap yang sangat ramah.
b. Negara Indonesia terletak di tempat yang sangat strategis.
c. Indonesia sudah masuk ke dalam golongan negara yang berkembang.
d. Memiliki kekayaan alam dan juga keberanekaragaman budaya.

Itulah contoh soal UAS PKN kelas 9 semester 1 yang bisa kamu gunakan untuk latihan pembelajaran, ya. Perlu kamu ingat, untuk mendapatkan nilai yang bagus nantinya kamu harus belajar yang rajin, ya. Kalau begitu langsung saja simak contoh-contoh soal di atas, ya.