Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan Samsung S22 Plus

Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan Samsung S22  Plus

Samsung S22 Plus –  masih cukup layak untuk dimiliki bagi pengguna yang menginginkan ponsel berkualitas tinggi. Cek spesifikasi, harga, kelebihan, dan kekurangannya agar tidak menyesal.

Galaxy S22 Plus memang masih tetap menjadi incaran bagi banyak orang karena spesifikasi yang tidak main-main. Sukseor S21 Plus ini juga datang dengan membawa kualitas beberapa komponen lebih baik dari sebelumnya.

Sayangnya, setiap produk yang dikenalkan Samsung tidak sepenuhnya tampil sempurna. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam perangkat produksi mereka.

Dalam hal ini, Primaradio akan mengulas spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari Samsung S22 Plus. Ketahui juga spesifikasi lengkapnya di bawah ini.

Tabel Spesifikasi Samsung S22 Plus

Ilustrasi Galaxy S22 Plus (samsung.com)

DimensiKetebalan 7,6 mm
Bobot berat 196 gram
Layar6,6 inci Dyanamic AMOLED 2x
Resolusi FHD Plus
Refresh rate hingga 120 Hz
Corning Gorilla Glass Victus
ChipsetSnapdragon 8 Gen 1 (4nm)
CPU Octa Core clockspeed 3 GHz
Andreno 730
OSAndroid 12, One UI 4.1
Memori8 GB/128 GB
8 GB/256 GB
SIMDual SIM
Kamera belakang50 MP (utama), 12 MP (ultrawide), 10 MP (telefoto)
Kamera depan10 MP
Baterai4500mAh
Fast charging 45W
FiturNFC, Bluetooth, WiFi, USB type C, fingerprint, konektivitas 5G
Warnaphantom white, phantom black, green, juga pink gold

Kelebihan dan Kekurangan Samsung S22 Plus

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan dari Samsung S22 Plus yang membuatnya mampu bersaing dengan rivalnya di kelas dan harga yang sama. Mulai dari desain, kemampuan kamera, hingga kinerja mesin dari seri S22 ini tampil dengan mumpuni.

Tak heran bila ponsel ini menjadi incaran banyak orang. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai kelebihan dari Samsung S22 Plus.

Desain Menarik

Samsung merancang seri S22 Plus dengan desain yang menarik. Kesan tegas muncul pada ponsel ini berkat desain belakangnya yang datar. Meski begitu, sisi punggungnya itu sudah menggunakan material berupa Corning Gorilla Glass Victus+ yang tangguh. Kaca tersebut juga tampil di bagian depan untuk melindungi layar agar lebih awet.

Secara ukuran, S22 Plus memiliki dimensi ketebalan 7,6 mm yang ramping sehingga nyaman untuk digenggam tangan. Selain itu, bobotnya juga masih cukup ramping, yakni 195 gram. Dengan begitu, perangkat ini bisa dengan nyaman untuk dibawa bepergian ke mana saja.

Sejak perdana rilis, banyak reviewer gadget yang memuji dengan ukuran yang ditawarkan oleh Samsung S22 Plus ini. Pasalnya selain tampilannya yang terlihat simple tapi menarik, Samsung juga menghadirkan build quality yang mumpuni. Bahkan Peter Kostadinov dari Phone Arena menyebut bahwa Galaxy S22 Plus terasa kokoh dalam genggaman tangan.

Perusahaan asal Korea Selatan itu juga tidak lupa memberikan perlindungan tambahan berupa sertifikasi IP68 yang tahan air dan debu. Adapun ponsel S22 Plus datang dalam empat opsi warna yang dapat dipilih sesuai selera. Tersedia warna phantom white, phantom black, green, juga pink gold.

Layar Jernih

Adapun kelebihan Samsung S22 Plus selanjutnya adalah terkait dengan layarnya yang jernih. Hal ini berkat adanya panel Dynamic AMOLED 2x seluas 6,6 inci. Belum lagi dengan resolusinya yang FHD+ dan kepadatan piksel mencapai 393ppi membuat tampilan dari display smartphone Samsung ini enak dipandang.

Untuk meningkatkan kenyamanan, Samsung lantas memberikan teknologi refresh rate hingga 120 Hz serta touch sampling rate hingga 240 Hz untuk membuat layar mulus dan responsif saat dipakai scrolling maupun bermain game.

Sebenarnya bila ditelusuri lagi, spesifikasi dari layar Samsung Galaxy S22 Plus ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, yakni Galaxy S21 Plus. Hanya saja, seri S22 Plus sudah mendapatkan suntikan teknologi berupa Vision Booster untuk meningkatkan tingkat kecerahan layar menjadi lebih tinggi.

Tak ketinggalan pula, teknologi tersebut juga diklaim mampu memperbaiki temperature warna, kontras, dan sebagainya supaya bisa lebih sesuai dengan pencahayaan sekitar dan memberikan warna gambar yang akurat dan natural. Singkatnya, Vision Booster ini mirip dengan True Tone yang ada pada iPhone.

Belum cukup, layar suksesor S21 Plus ini juga sudah mendapatkan teknologi HDR10+ dan Widevine L1 untuk memutar video dalam resolusi FHD Plus.

Kamera

Kamera seringkali menjadi sektor yang diunggulkan oleh HP flagship. Pasalnya, banyak vendor smartphone yang menghadirkan kamera beresolusi tinggi pada ponsel kelas atas, termasuk Samsung S22 Plus.

Walaupun resolusi lensa utama pada perangkat ini tidak mencapai 100an, tetapi dengan kekuatannya yang mencapai 50 MP membuat hasil jepretan bisa tampil lebih baik dari pendahulunya, Galaxy S21 Plus.

Sebab, S21 Plus memiliki lensa utama dengan resolusi 12 MP. Terlebih kamera utama dari Samsung S22 Plus juga sudah lengkap dengan fitur autofocus dan stabilitas OIS.

Sayangnya, Samsung menurunkan konfigurasi dari kamera telefoto menjadi 10 MP dari sebelumnya yang mencapai 64 MP. Meski begitu, kemampuan perbesarannya meningkat menjadi 3x dan juga memiliki fitur autofokus dan OIS. Kamera yang ada pada ponsel ini juga sudah mendukung berbagai mode fotografi.

Dalam hasil pengujian, hasil foto dari kamera Samsung Galaxy S22 Plus memiliki gambaran yang mendetail. Warnanya bahkan terlihat akurat. Ketika dipakai untuk merekam video juga kualitasnya tetap baik.

Performa Mumpuni

Samsung Galaxy S22 Plus versi Indonesia mengusung chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan arsitektur 4nm. Chipsetnya dikombinasikan dengan CPU dengan kecepatan 3 GHz dan GPU Adreno 730.

Sebenarnya chipset yang diusung Galaxy S22 Plus sudah terkenal garang, tetapi agar lebih andal lagi tersedia memori yang cukup luas, yakni 8 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB.

Paduan komponen pada dapur pacu tersebut membuat ponsel flagship Samsung ini meraih skor Antutu sekitar 812 ribuan. Hal ini menandai kinerjanya yang bagus. Bahkan akan tetap terasa lancar saat digunakan untuk bermain game.

Baterai Andal

Samsung memberikan baterai dengan kapasitas daya 4500 mAh. Sebenarnya bila melihat kapasitasnya dengan yang perangkat pendahulunya, Samsung menurunkan besaran dari ukuran daya baterai pada Galaxy S22 Plus.

Akan tetapi kinerjanya ternyata tetaplah baik. Bahkan bisa lebih awet daripada S21 Plus dalam hal menajemen dayanya.

Sementara itu, baterai ini juga sudah mendapatkan fitur pengisian cepat 45W. Baterai bisa terisi penuh dalam waktu 75 menit.

Audio yang Sudah Stereo

Samsung seri S yang satu ini memiliki speaker stereo yang berkualitas tinggi. Bahkan komponen audio itu sudah mendapatkan teknologi Dolby Atmos sehingga bisa menghasilkan suara yang jernih dan lantang.

Selain audio, Samsung S22 juga memiliki fitur motor getar yang lebih baik daripada pendahulunya dan terasa lebih fungsional.

Kekurangan

Sementara itu, Samsung juga tidak memungkiri bahwa produknya memiliki beberapa kekurangan. Berikut daftar selengkapnya.

Punya Gejala Throtting serta Shutter

Masalah throttling serta shutter menjadi hal yang banyak ditemukan pada ponsel flagship yang tidak dirancang untuk bermain game. Throtting atau yang juga dikenal dengan penurunan kinerja dapat terjadi saat ponsel dipakai dalam waktu yang lama dan beban kerjanya meningkat.

Bukan hanya itu, Galaxy S22 Plus juga memiliki masalah berupa sendatan saat melakukan scrolling cepat. Namun masalah ini bisa teratasi dengan rutin melakukan pembaruan software.

Hasil Foto Kurang Natural

Saat ini, berbagai vendor ponsel sering menyematkan teknologi AI pada sektor kamera produk mereka. Biasanya teknologi tersebut untuk mempercantik hasil foto. Sayangnya tak jarang pula, fitur ini menghasilkan jepretan yang kurang natural. Apalagi bila memotret menggunakan di kondisi yang kurang cahaya.

Selain itu, pengatuaran rentang dinamisnya juga terkadang membuat jepretan kehilangan detail khususnya pada area-area yang terang. Bahkan penggunaan fitur Auto HDR juga tidak membantu menyelesaikan masalah.

Harga Samsung S22 Plus

Galaxy S22 Plus rilis perdana dengan harga tinggi yakni mulai dari Rp14,9 jutaan. Hal ini wajar mengingat ponsel tersebut merupakan smartphone kekinian. Apalagi perangkat Samsung yang satu ini juga merupakan seri flagship yang seharga puluhan juta.

Akan tetapi kini harganya sudah turun drastic. Pada lama website resminya, ponsel ini datang dengan penawaran harga mulai dari Rp10,9 jutaan untuk varian terendahnya.

Pembelian dapat dilakukan melalui website, marketplace, maupun datang langsung ke gerai Samsung.


Rekomendasi

DMCA Protected